Pilpres 2019

Ketika Prabowo Menyinggung Soal Jawa Tengah Lebih Luas dari Malaysia, Begini Faktanya

Prabowo juga menyebutkan bahwa luas wilayah Jawa Tengah lebih besar daripada Malaysia. Padahal, gaji yang didapat terbilang kecil.

Ketika Prabowo Menyinggung Soal Jawa Tengah Lebih Luas dari Malaysia, Begini Faktanya
Tribunnews/Jeprima
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saat mengikuti acara Debat Pertama Capres dan Cawapres di Gedung Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Debat Pertama ini mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. (Tribunnews/Jeprima) 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyinggung kesejahteraan gubernur di Indonesia yang tidak sebanding dengan luas wilayah yang ditanganinya.

Dalam pernyataannya tersebut, Prabowo juga menyebutkan bahwa luas wilayah Jawa Tengah lebih besar daripada Malaysia. Padahal, gaji yang didapat terbilang kecil.

"Sebagai contoh, bagaimana bisa seorang gubernur gajinya hanya Rp 8 juta? Kemudian dia mengelola provinsi umpamanya Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia dengan APBD yang begitu besar," kata Prabowo dalam debat perdana, Kamis (17/1/2019) malam di Gedung Bidakara, Jakarta.

Baca: Debat Pilpres 2019 Jokowi Singgung Operasi Plastik, Prabowo Ungkap Penahanan Kepala Desa

 
Benarkah pernyataan Prabowo tersebut?

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), luas wilayah Jawa Tengah pada tahun 2017 adalah 32.544, 12 km persegi.

Sementara, dilansir dari Britanica, Malaysia terdiri dari dua wilayah, yaitu Semenanjung Malaysia atau Malaysia Barat dan Malaysia Timur, yang berada di Pulau Kalimantan.

Luas Malaysia seluruhnya adalah 330.323 km persegi.

Penjelasan Gubernur Jateng

 Usai menjalankan kunjungan kerja di Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas selama dua hari ini (16-17/1/2019), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyempatkan diri untuk nobar debat capres di resto Wapress JK.

Resto yang berada di Jalan Dr. Wahidin, Kaligawe, Kaligelang, Taman, Kabupaten Pemalang ini, menjadi tempat transit nobar karena sejalan dengan arah menuju ke Semarang.

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved