Bali Punya Reputasi Bagus Soal Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan, Terutama Kawasan Timur

Provinsi Bali, terutama untuk kawasan wilayah Bali timur, dinilai mempunyai reputasi yang bagus dalam hasil pemeriksaan LKPD

Bali Punya Reputasi Bagus Soal Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan, Terutama Kawasan Timur
Humas Pemprov Bali
Rapat persiapan pelaksanaan pemeriksaan LPKD Tahun Anggaran 2018 di Ruang Pertemuan Kantor Perwakilan BPK RI Provinsi Bali, Selasa (22/1/2019). 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Provinsi Bali, terutama untuk kawasan wilayah Bali timur, dinilai mempunyai reputasi yang bagus dalam hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Perangkat Daerah (LKPD) yang rutin dilaksanakan Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Bali.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Bali, Sri Haryoso Suliyanto pada rapat persiapan pelaksanaan pemeriksaan LPKD Tahun Anggaran 2018 di Ruang Pertemuan Kantor Perwakilan BPK RI Provinsi Bali, Selasa (22/1/2019).

Suliyanto berharap, reputasi yang telah dicapai selama ini bisa dipertahankan dalam proses pemeriksaan tahun ini dan juga tahun-tahun berikutnya.

Dirinya menambahkan, rapat persiapan pelaksanaan pemeriksaan LKPD memang baru pertama kali dilaksanakan Perwakilan BPK RI Provinsi Bali.

“Rapat seperti ini merupakan hal yang baru, tujuannya sangat penting yaitu untuk menyamakan persepsi dengan pemerintah daerah yang menjadi entitas pemeriksaan BPK,” urainya.

Terkait proses pemeriksaan Tahun Anggaran 2018, Suliyanto berharap Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat menyerahkan LKPD tepat waktu.

“Kami minta laporan itu diserahkan langsung oleh kepala daerah atau minimal wakil,” tambah Suliyanto seraya mengingatkan agar pemerintah daerah nantinya segera menindaklanjuti yang menjadi rekomendasi BPK.

Baca: Cabjari Nusa Penida Masih Nantikan Audit BPKP, Kasus Dugaan Korupsi Proyek Pembangunan Ruang Kelas

Baca: Gubernur Koster akan Keluarkan Pergub Penggunaan Energi Bersih Terbarukan di Provinsi Bali

Baca: Satu Suara Perjuangkan RUU Provinsi Bali, Gubernur Bawa Usulan RUU ke DPR RI 23 Januari 2019

Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra mengapresiasi dan menyambut baik gagasan Perwakilan BPK Provinsi Bali untuk menggelar rapat persiapan menjelang pemeriksaan LKPD.

“Ini merupakan gagasan cerdas yang baru pertama kali dilakukan, kami mengapresiasi langkah ini,” ujarnya.

Sekda Dewa Indra berharap, pola baru ini dapat mendorong kinerja khususnya pemerintah daerah dalam penyelesaian laporan keuangan dan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan.

Dalam kesempatan itu, Dewa Indra juga mengingatkan bahwa Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih oleh Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota bukanlah sebuah prestasi yang harus terus-menerus dijadikan bahan promosi.

“WTP itu bukan sebuah prestasi, tapi merupakan kewajiban yang harus kita lakukan dalam mewujudkan akuntabilitas laporan keuangan. Ini sama halnya seperti ijazah yang kita peroleh sebagai tanda kelulusan,” tandasnya.

Mantan kepala BPBD Bali itu juga mengajak pemerintah kabupaten/kota untuk menyukseskan proses pemeriksaan yang akan dilakukan oleh Perwakilan BPK RI. (*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved