Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta Hadiri Pengukuhan Bendesa Adat Sangeh

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri pengukuhan Bendesa Adat Sangeh IB Sunartha

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta Hadiri Pengukuhan Bendesa Adat Sangeh
Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Badung
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Pengukuhan Bendesa Adat Sangeh IB Sunartha, Minggu (20/1/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri pengukuhan Bendesa Adat Sangeh IB Sunartha, Minggu (20/1/2019).

Acara tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Kadisbud IB Anom Bhasma, Kadisparda I Made Badra, Kabag Humas Setda Badung Putu Ngurah Thomas Yuniarta, Camat Abiansemal I Gusti Ngurah Suryajaya, Perbekel Desa Sangeh I Made Werdiana, serta tokoh masyarakat.

Bendesa Adat Sangeh Terpilih, Ida Bagus Made Sunartha dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Sangeh yang sudah memberikan kepercayaan dan dukungan untuk menjadi Bendesa Adat Sangeh.

Ia juga mengucapkan terima kasih kehadiran Bupati dan Ketua DPRD Badung dalam pelaksanaan upacara mejaya-jaya dan pengukuhan Bendesa Adat serta pengurus pendukung Bendesa Adat.

IB Sunartha yang juga anggota DPRD Badung ini mengatakan, selaku Bendesa Adat terpilih akan melanjutkan dan melaksanakan program-program pengurus adat yang lama.

Ia mengungkapkan, Desa Adat Sangeh memiliki banyak potensi wilayah untuk dijadikan obyek wisata.

Sehingga, pembangunan, renovasi, maupun penataan tempat wisata yang ada di Desa Adat Sangeh, berdasarkan konsep Tri Hita Karana yaitu parahyangan, pawongan dan palemahan akan menjadi prioritas.

"Dalam jangka pendek khususnya di Desa Adat Sangeh, obyek wisata alam Alas Pala dan wisata lainnya akan ditata dan kami memohon dukungan Pemkab Badung, mudah-mudahan mulai bulan Maret atau April sudah bisa digarap," ungkapnya.

Ia berharap, prajuru desa adat bersama masyarakat dapat mewujudkan segitiga emas yang ada di Desa Sangeh yaitu Alas Pala, Mumbul yang sudah terwujud, dan Tanah Wuk.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memberikan ucapan selamat kepada Ida Bagus Made Sunartha atas terpilih menjadi Bendesa Adat Sangeh.

Bupati menegaskan bahwa Desa Sangeh adalah salah satu Desa Wisata di Kabupaten Badung.

Bupati Giri Prasta juga berharap masyarakat Desa Sangeh yang terdiri dari 5 Banjar untuk bersatu demi mewujudkan Desa Wisata Sangeh.

Desa Wisata merupakan home base dari beberapa wisata yang dikembangkan di desa seperti agro wisata, eko wisata, budaya, hingga wisata kesehatan.

Ia mencontohkan pengembangan desa wisata di Sangeh ini, misalnya rumah penduduk bisa dijadikan beberapa kamar setara dengan kamar hotel bintang 5.

"Wisatawan dapat menginap di rumah penduduk dan pembayarannya langsung kepada pemilik rumah dan akan menguntungkan masyarakat itu sendiri," jelasnya. (*)

Editor: Widyartha Suryawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved