Sudah Saatnya Menengok Ulang Teks-Teks Kuno Warisan Leluhur

Pengamat budaya Bali, Wayan Westa, menilai sudah saatnya masyarakat Bali menengok ulang teks-teks kuna warisan leluhur yang ada.

Sudah Saatnya Menengok Ulang Teks-Teks Kuno Warisan Leluhur
TRIBUN BALI/I WAYAN SUI SUADNYANA
Para peserta Rembug Sastra Purnama Badrawada edisi Purnama Kaulu di Pura Jagatnata Denpasar, Minggu (20/1/2019) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pengamat budaya Bali, Wayan Westa, menilai sudah saatnya masyarakat Bali menengok ulang teks-teks kuna warisan leluhur yang ada.

Selain teks kuna, berbagai mitos yang dipakai untuk menjaga kesucian Bali juga harus dilestarikan.

Jika mitos-mitos penjaga kesucian lingkungan Bali telah tergerus, maka penting mulai dipikirkan pembuatan mitos yang baru.

“Pemerintah harus hadir dan membuat mitos yang baru. Mitos baru adalah regulasi yang nantinya bisa melindungi ekologi-ekologi Bali,” terangnya.

Hal tersebut Westa katakan saat menanggapi paparan dua pembicara dalam Rembug Sastra Purnama Badrawada edisi Purnama Kaulu di Pura Jagatnata Denpasar, Minggu (20/1/2019) yang mendiskusikan hubungan sastra kuna dan ekologi.

Sebagai pembicara adalah dosen Prodi Sastra Bali, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud), Putu Eka Guna Yasa, SS, M.Hum dan alumnus Prodi Sastra Jawa Kuno FIB Unud, I Ketut Eriadi Ariana, SS.

I Putu Eka Guna Yasa menjelaskan bahwa keberadaan sastra-satra kuno sudah banyak yang menjelaskan dan memberikan penghormatan terhadap keberadaan air.

Dalam makalah berjudul “Menjaga Air dari Hulu sampai Hilir: Sumbangan Sastra Kuna untuk Generasi Kini”, Guna Yasa menjelaskan bagaimana sastra-sastra kuna itu memberikan penghormatan terhadap air.

Berbagai pemaknaan diterangkan para pujangga pada masa silam dalam karya-karya sastranya, mulai dari air sebagai simbol kemakmuran hingga air yang berada di dalam diri manusia (sarira; bhuwana alit).

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved