Pestisida Tak Mempan Atasi Hama Tikus, Petani Subak Seronggo Tabanan Harapkan Solusi Pemerintah

Tikus menyerang tanaman padi yang usianya baru satu bulan hingga dua bulan atau saat usia tanaman padi masih dalam proses pembentukan

Pestisida Tak Mempan Atasi Hama Tikus, Petani Subak Seronggo Tabanan Harapkan Solusi Pemerintah
Tribun Bali/Made Prasetia Aryawan
Made Sukadana menunjukkan sawahnya yang terserang hama tikus di Subak Seronggo, Desa Pangkung Karung, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Senin (28/1/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - I Made Sukadana (50) memandangi sawahnya di Subak Seronggo, Desa Pangkung Karung, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Senin (28/1/2019).

Pria yang menjadi petani sejak 30 tahun ini mengaku resah saat menoleh ke arah beberapa petak sawahnya yang kini rusak akibat hama tikus yang menyerang sejak sebulan lalu.

"Kenapa hama tikus muncul lagi? Padahal sudah dibasmi dengan menyemprotkan pestisida hingga membuat perangkap tikus tradisional," ujarnya keheranan. 

Sekitar 10 hektare lahan sawah di Subak Seronggo terserang hama tikus.

Peristiwa ini diakui sudah terjadi sejak sebulan yang lalu.

Akibatnya, para petani yang memiliki lahan di subak setempat terancam gagal panen.

Sebab, tikus menyerang tanaman padi yang usianya baru satu bulan hingga dua bulan atau saat usia tanaman padi masih dalam proses pembentukan dan pengisian bulir padi.

“Sudah sejak sebulan lalu sawah saya diserang hama tikus. Sekarang padi saya rusak karena tikus menyerang lahannya dengan memakan bagian akar dan batang padi yang usianya satu sampai dua bulan,” ujar Sukadana sembari menunjukan petakan sawahnya yang rusak.

Ia melanjutkan, saat ini ia memiliki lahan sekitar 50 are dan beberapa petaknya rusak terserang hama tikus.

Ia pun menyebutkan kerugian yang dialami sekitar Rp 2 Juta pada setiap petak sawahnya yang berukuran satu sampai satu setengah are ini.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved