Arus Lalu Lintas Akan Dialihkan Selama Balingkang Kintamani Festival, Berikut Jalur Pengalihannya

Jelang pelaksanaan Balingkang Kintamani Festival pada Rabu (6/2/2019) Polres Bangli akan memberlakukan pengalihan lalu lintas

Arus Lalu Lintas Akan Dialihkan Selama Balingkang Kintamani Festival, Berikut Jalur Pengalihannya
Polres Bangli
Peta pengalihan arus lalu lintas selama acara Balingkang Kintamani Festival. 

TRIBUN-BALI. COM, BANGLI – Jelang pelaksanaan Balingkang Kintamani Festival pada Rabu (6/2/2019) Polres Bangli akan memberlakukan pengalihan lalu lintas, bagi sejumlah pengendara jalan dari arah Bangli yang hendak menuju Singaraja maupun sebaliknya.

Hal ini mengingat pelaksanaan festival tersebut berpusat di Jaba Pura Ulundanu Batur.

Kasubag Humas Polres Bangli, AKP Sulhadi, Selasa (5/2/2019) menjelaskan, sesuai hasil rapat koordinasi dengan pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli, Senin kemarin, Balingkang Kintamani Festival sesuai rencananya akan dihadiri sebanyak 1500 wisatawan Tiongkok, serta 3000 peserta.

Festival tersebut akan dimulai dengan parade yang rencananya berjalan dari balai Banjar Batur Utara dan berakhir di parkir Tunon pada pukul 10.00 Wita.

“Sehubungan dengan festival ini, diharapkan jalur tersebut sudah steril sejak pukul 07.00 Wita. Sedangkan parkir undangan, nantinya dipusatkan di areal parkir Tunon,” ujarnya.

AKP Sulhadi menambahkan pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan selama festival berlangsung.

Pengalihan arus dari Singaraja ke Bangli menggunakan jalur Simpang Tiga Puskesmas Kintamani menuju Desa Blancan belok kiri menuju perempatan Pludu, Desa Bayunggede, Kintamani.

Baca: Parade Budaya dan Lampion Akan Meriahkan Balingkang Kintamani Festival 2019

Baca: 2.000 Wisman China Ditargetkan Kunjungi Balingkang Kintamani Festival 2019

Baca: Selain Hadirkan Jajanan dan Kuliner Unik, GO-FOOD Festival juga Berikan Casback hingga 50 %

Sedangkan kendaraan yang datang dari Bangli menuju Singaraja, lanjut AKP Sulhadi, dialihkan ke pertigaan restoran Maharaja ke kiri menuju Bayung Gede, hingga tembus di perempatan Pludu, selanjutnya ke arah kanan menuju pertigaan Gunung Kunyit, dan ke kiri hingga tembus di Simpang tiga KUD Kintamani.

“Festival ini nantinya akan dihadiri juga oleh tamu VIP, di antaranya Gubernur Bali. Kami mengimbau bagi masyarakat agar tidak parkir kendaraannya di sepanjang jalan dari depan Pura Ulun Danu Batur sampai di Simpang Tiga Katung. Demikian juga untuk kendaraan peserta festival, nantinya diarahkan parkir di tempat parkir Tunon. Selain itu, kami juga mengimbau pada masyarakat yang menonton, untuk tidak terlalu mendekati gajah, demi menghindari amukan gajah,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli, I Wayan Adnyana mengatakan, tujuan utama dilaksanakan festival yakni untuk menarik wisatawan Tiongkok sekaligus perayaan tahun baru cina (Imlek), di samping juga mempererat jalinan yang terjadi dari zaman dulu antara warga Tiongkok dan warga Bangli.

Pihaknya juga mengatakan, untuk hari ini Selasa (5/2/2019) kegiatannya adalah persiapan berupa pemasangan dan menghias panggung yang berada di depan Pura Ulundanu Batur. Selanjutnya pada pukul 15.00 Wita, dilaksanakan gladi acara.

Sedangkan Balingkang Kintamani  Festival, akan berlangsung tanggal 6 Februari dimulai dari pukul 10.00 Wita sampai selesai. “Kami harapkan pengamanan dari pihak yang terkait untuk mengamankan rangkaian kegiatan tersebut terutama di arus lalulintas,” ujarnya.  (*)

Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved