BKPAD Bangli Akan Segera Lelang Sejumlah Mobil Dinas

Puluhan kendaraan dinas di lingkungan Pemkab Bangli akan dilelang sekitar bulan Maret atau April 2019

BKPAD Bangli Akan Segera Lelang Sejumlah Mobil Dinas
Tribun Bali/Fredey Mercury
Seorang pegawai saat melintas di sejumlah kendaraan roda empat di lingkungan Setda Bangli yang sudah tidak digunakan, Senin (4/2/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Puluhan kendaraan dinas di lingkungan Pemkab Bangli, awal tahun ini akan dilelang.

Rencananya, pelalangan mobil dan motor dinas digelar pada bulan Maret atau April.

Kepala Badan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Bangli, I Gede Suryawan, Senin (4/2/2019) membenarkan terkait rencana tersebut.

Saat ini pihaknya masih berproses menghimpun seluruh usulan, dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Suryawan mengatakan, dari usulan penghapusan mobil beberapa OPD yang masuk, masih sedikit berkas yang terbilang lengkap.

“Berkas yang terbilang lengkap diantaranya BPBD, Sekretariat DPRD Bangli, Dinas PKP, dan BKPAD. Sedangkan Kecamatan Susut, kemarin hanya mengirimkan selembar surat yang tidak berisi dasar pertimbangan penjualan dan identitasnya,” ujar Suryawan.

Penghapusan barang milik daerah (BMD) atau pelelangan yang dilakukan ini sudah sesuai dengan ketentuan.

Suryawan menyebut, ada beberapa persyaratan BMD agar bisa diusulkan penghapusannya.

Seperti tidak digunakan untuk kepentingan penyelenggaraan tugas dan fungsi OPD; memenuhi persyaratan tekhnis yakni secara fisik tidak dapat digunakan karena rusak dan tidak ekonomis apabila diperbaiki; memenuhi persyaratan ekonomis yakni lebih menguntungkan bagi pemerintah daerah apabila dijual karena biaya operasional dan pemeliharaan barang lebih besar daripada manfaat yang diperoleh.

“Di samping itu juga melihat persyaratan yuridis, yakni barang milik daerah tidak terdapat permasalahan hukum, serta berusia lebih dari tujuh tahun dari tanggal, bulan, dan tahun pembuatan sesuai dokumen kepemilikan,” sebutnya.

Proses lelang, lanjut Suryawan, setelah dokumennya lengkap akan diajukan pada Bupati Bangli.

Apabila disetujui, barulah dilakukan proses lelang yang bekerja sama dengan KPKNL (Kantor Pelayananan Kekayaan Negara dan Lelang) Singaraja.

Suryawan juga menyebutkan, berdasarkan usulan yang masuk dan telah lengkap, setidaknya terdapat 24 kendaraan dinas.

Selain kendaraan, lelang yang rencananya digelar bulan Maret atau April juga mencantumkan kembali sejumlah meja-kursi sisa lelang sebelumnya yang belum terjual.

“Kalau mobil ada 3, yakni dari BPBD, BKPAD, dan Sekeretariat DPRD. Sedangkan motor ada 21 unit, diantaranya 9 unit dari Sekretariat DPRD, 5 unit dari Dinas PKP, dan 7 unit dari BKPAD. Hasil dari penjualan barang milik daerah ini nantinya masuk sebagai PAD (Pendapatan Asli Daerah),” tandasnya. (*)

Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved