Jalur Pemelastian Panca Bali Krama Lewati 29 Desa, Masyarakat Diimbau Begini

Rangkaian upacara Panca Bali Krama di Pura Agung Besakih yang dilaksanakan setiap sepuluh sekali segera dimulai.

Jalur Pemelastian Panca Bali Krama Lewati 29 Desa, Masyarakat Diimbau Begini
Dok Humas Provinsi Bali
Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) memimpin rapat persiapan Pemelastian Upacara Tawur Agung Panca Wali Krama dan Ida Bhatara Turun Kabeh, di Pesucian Pura Penataran Agung Besakih, Sabtu (9/2/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Rangkaian upacara Panca Bali Krama di Pura Agung Besakih yang dilaksanakan setiap sepuluh sekali segera dimulai. 

Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) memimpin rapat persiapan Pemelastian Upacara Tawur Agung Panca Wali Krama dan Ida Bhatara Turun Kabeh, di Pesucian Pura Penataran Agung Besakih, Sabtu (9/2/2019).

 
Saat pemelastian nanti, pemunut maupun pengiring Ida Bhatara akan melintasi sebanyak 29 Desa dimulai dari Pura Agung Besakih menuju segara Klotok, dan kembali lagi Pura terbesar di Bali itu.

 
“Untuk itu masyarakat diharapkan mempersiapkan haturan Bhakti pemedek di tempat tempat yang telah ditetapkan sebagaimana halnya pada waktu karya Panca Wali Krama sebelumnya,” kata Cok Ace didampingi Ny. Tjok Putri Hariyani Ardhana Sukawati dan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bali, A A Gede Geriya.

Baca:  Cok Ace Pimpin Rapat Persiapan Rangkaian Upacara di Pura Agung Besakih

 
Upacara Pemelastian serangkaian Upacara Tawur Agung Panca Wali Krama Pura Agung Besakih akan dilaksanakan pada tanggal 2-4 Maret 2019 mendatang .

 
Dalam arahannya dihadapan para Bendesa adat, pengempon Pura Pedarman serta panitia karya Panca Wali Krama Pura Agung Besakih,  Cok Ace meminta agar pemelastian serangkaian Upacara Tawur Agung Panca Wali Krama dan Ida Bhatara Turun Kabeh  dipersiapkan dengan matang, baik terkait jalur yang akan dilalui pamelastian maupun tempat ngaturang bakti pamendak sesuai tempat tempat yang telah ditentukan. 

 
“Para pengayah yang bertugas munut Ida Bhatara juga agar diatur secara bergiliran baik saat Ida Bhatara menuju maupun kembali dari pemelastian , kita laksanakan Yasa kerthi dengan sebaik baiknya sesuai dengan swadharma kita masing masing, sehingga karya agung ini berjalan dengan lancar,” imbuhnya .

 
Dalam rapat yang turut dihadiri oleh Ketua Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Provinsi Bali, Jero Gede Suwena Putus Upadesha, Cok Ace kembali mengingatkan masyarakat terkait himbauan kepada para pamedek agar tidak membawa sarana upakara terbungkus plastik ke Pura Besakih dan turut serta menjaga keasrian serta kebersihan dari kawasan Pura Besakih selama karya berlangsung. 

 
Di wilayah dan hari yang bersamaan Gubernur Bali Wayan Koster, melaksanakan Tirta Yatra ke beberapa pura yang berada di areal Pura Agung Besakih.

 
Persembahyangan dimulai dari Pura Pedharmaan Bendesa Manik Mas bertujuan memohon kelancaran dan kesuksesan serta bentuk angayubagia atas jabatan yang diemban saat ini selaku Kepala Daerah Provinsi Bali, agar bisa membawa Bali ke arah yang semakin baik kedepanya, menuju masyarakat Bali yang adil dan makmur serta sejahtera sesuai Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

 
Beranjak dari Pura Pedharmaan, ia melanjutkan persembahyangan ke Pura Hyang Aluh yang berada di sisi Barat Pura Agung Besakih, selanjutnya ke Pura Merajan Kanginan yang kala itu sedang digelar upacara Piodalan dan Pemelaspasan linggih Hyang Beradah. 

 
Koster bersama para krama pengempon dan pemedek mengikuti upacara dan persembahyangan dengan khusuk, yang dipimpin oleh Pandita Ida Shri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun.

 
Mengakhiri Tirta Yatra,  dirinya dengan didampingi Ida Shri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun melaksanakan Persembahyangan di Pura Hyang Wisesa. 

 
Di Pura Hyang Wisesa ini sempat terjadi fenomena adanya guratan-guratan menyerupai perwujudan naga pada seluruh bagian tembok pelinggih. Koster berharap tanda-tanda ini bisa  membawa kebaikan dan berkah bagi jagat Bali beserta isinya. (*)

Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved