Bantuan Pangan Non Tunai yang Rencananya Disalurkan Lewat E-Warung Kembali Ditunda, Ini Sebabnya

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang digadang-gadang bisa terlaksana pada awal tahun 2019 ini, ternyata kembali ditunda.

Bantuan Pangan Non Tunai yang Rencananya Disalurkan Lewat E-Warung Kembali Ditunda, Ini Sebabnya
Polres Bangli
Pendistribusian rastra oleh satgas Polres Bangli di wilayah Kintamani, Jumat (8/2/2019)

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang digadang-gadang bisa terlaksana pada awal tahun 2019 ini, ternyata kembali ditunda.

Berdasarkan informasi, bantuan sosial yang mekanisme penyalurannya dengan cara berbelanja di e-warung ini, direalisasikan pasca pemilu.

Kepala Dinas Sosial Bangli, I Nengah Sukarta tak menampik realisasi BPNT bagi sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kembali mundur dari rencana yang telah dijadwalkan.

Sukarta menyebut, ditundanya realisasi BNPT di Kabupaten Bangli adalah perintah dari Pusat.

“Itu sesuai kebijakan dari pemerintah pusat, agar pelaksanaan BPNT dilaksanakan setelah pemilu,” ujarnya saat dikonfirmasi Minggu (10/2/2019).

Alasan mundurnya realisasi BPNT lantaran saat ini memasuki tahun politik.

Berkaitan dengan hal tersebut, Sukarta mengatakan Kementerian Sosial tidak ingin muncul anggapan muatan politik, walau sejatinya BPNT di Bangli sudah bisa direalisasikan sejak Bulan Januari.

Tak hanya Bangli, mundurnya realisasi BPNT di Bali juga diterjadi pada dua kabupaten lain yakni Badung serta Buleleng.

“Pemerintah tidak ingin (ada anggapan) di saat pemilu ada program baru. BPNT ini program baru di Bangli yang merupakan pengalihan dari beras rastra (beras sejahtera). Seandainya ini (BNPT) saya laksanakan, saya kan harus sering turun ke bawah untuk sosialisasi aplikasi penerima, itulah yang dikhawatirkan dianggap bermuatan politik,” jelasnya.

Terlepas dari alasan muatan politik, mundurnya realisasi BPNT sebelumnya sudah pernah dikatakan Sukarta dengan alasan masih ada beberapa wilayah yang kesulitan sinyal internet, di samping kendala alat gesek yang belum seluruhnya tersedia di e-Warung.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved