Lomba Masatua Bali dan Ngerupak Awali Peringatan Bulan Bahasa Bali di Bangli

Puluhan siswa SD dan SMP di Bangli turut andil dalam lomba masatua dan ngrupak serangkaian Peringatan Bulan Bahasa Bali 2019

Lomba Masatua Bali dan Ngerupak Awali Peringatan Bulan Bahasa Bali di Bangli
Dokumentasi Panitia Peringatan Bulan Bahasa Bali 2019
Salah satu peserta yang tampil dalam lomba mesatua Bali serangkaian kegiatan Bulan Bahasa Bali 2019 yang diadakan oleh DPK Peradah Indonesia Bangli bersama PC KMHDI Bangli dan Komunitas Bangli Sastra Komala di STKIP Suar Bangli, Sabtu (9/10/2019) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Puluhan siswa SD dan SMP di Bangli turut andil dalam lomba masatua dan ngrupak serangkaian Peringatan Bulan Bahasa Bali 2019 yang bertempat di STKIP Suar Bangli, Sabtu (9/2/2019).

Kegiatan dengan tema "Sastra, Bangli, lan Merdeka Seratus Persen" itu digelar oleh Dewan Pimpinan Kabupaten Perhimpunan Pemuda Hindu (DPK Peradah) Indonesia Bangli, Pengurus Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PC KMHDI) Bangli, dan Komunitas Bangli Sastra Komala.

Para siswa SD se-Kecamatan Bangli itu tampak antusias mengisahkan satua (cerita tradisional) Bali "Ni Bawang teken Ni Kesuna" serta "Ni Ketimun Mas".

Di akhir penampilan, mereka pun menyatakan nilai yang dapat diambil dari kisah-kisah yang diceritakan.

Beberapa peserta juga tampak mendeskripsikan sejumlah kata arkais bahasa Bali di sela-sela cerita yang dibawakan.

"Timpal-timpal nawang ane madan lesung ngajak lu? Lu lan lesung nika sane anggena nebuk padi, yen cara mangkine slip (teman-teman tahu yang bernama lesung dan penumbuknya? Penumbuk dan lesung itu yang digunakan menumbuk padi, slip jika dipadankan saat ini)," kata peserta nomor urut dua.

Sementara itu, lomba ngrupak (menulis di atas daun lontar menggunakan pengrupak) yang diikuti sembilan orang peserta dari SMP se-Kabupaten Bangli tak kalah mengembirakan.

Tulisan para peserta rata-rata sangat baik, memenuhi tata aturan menulis aksara Bali di atas daun lontar.

Baca: Lansia dan Ibu PKK Ikut Mesatua Bali di Desa Kangin, Sudah Adakan Kursus Singkat Sebelum Ada Pergub

Baca: Bulan Bahasa Bali Digelar Agar Generasi Muda Mengenal Warisan Budaya

Baca: Bulan Bahasa Bali 2019 Dibuka 1 Februari Ini, Prof Suarka: Jangan Takut Salah

Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Bulan Bahasa Bali, I Putu Edi Swastawan mengatakan, lomba tersebut merupakan bentuk respons para pemuda Bangli terhadap perkembangan dan pelestarian bahasa Bali di Bangli.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved