Ada Lomba Ngulat Tipat untuk Orangtua dan Anak dalam Gelaran Porseni PAUD

Senin (11/2/2019) bertempat di UPT SKB Denpasar digelar pembukaan Kegiatan Porseni Pendidikan Anak Usia Dini tingkat kecamatan se-Kota Denpasar

Ada Lomba Ngulat Tipat untuk Orangtua dan Anak dalam Gelaran Porseni PAUD
Tribun Bali/Putu Supartika
Pembukaan Porseni PAUD di UPT SKB Denpasar, Jalan Trengguli I Kecamatan Denpasar Timur, Senin (11/2/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Senin (11/2/2019) bertempat di UPT SKB Denpasar, Jalan Trengguli I Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, digelar acara pembukaan Kegiatan Porseni Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat kecamatan se-Kota Denpasar.

Pelaksanaan Porseni PAUD ini dimaksudkan untuk meningkatkan bakat dan minat anak terhadap kegiatan olahraga dan seni, menumbuhkembangkan semangat kompetisi dan sportivitas anak sejak dini dan mengembangkan bakat dan keterampilan serta kompetensi guru dan tenaga kependidikan PAUD.

Kegiatan tahun 2019 ini mengambil tema "Melalui Kegiatan Porseni PAUD Kecamatan se-Kota Denpasar Tahun 2019, Kita Tingkatkan Profesionalisme Pendidik serta Kreativitas Pendidik dalam Mewujudkan Denpasar Bestari (Berwawasan Budaya, Peduli, Kreatif, Cerdas, dan Berbudi Pekerti)".

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kota Denpasar, Made Sugiantini mengatakan Porseni PAUD ini dilaksanakan dalam bentuk perlombaan yang melibatkan anak didik dan pendidik PAUD yang dilaksanakan pada 11 hingga 15 Februari 2019 di masing-masing kecamatan.

"Kegiatan lomba ini akan diikuti kurang lebih 2.500 peserta," kata Sugiantini.

Selain perlombaan juga akan dilaksanakan workshop peningkatan mutu pendidik PAUD yang dilaksanakan sesuai jadwal di masing-masing kecamatan.

Bunda PAUD Kota Denpasar, IA Selly Dharmawijaya Mantra mengatakan Porseni PAUD ini digelar setiap tahun dan dalam pelaksanaanya selalu dilakukan evaluasi agar ke depannya menjadi lebih baik.

Baca: Begini Tahapan Lengkap Pendaftaran & Jadwal Tes PPPK, 278 Guru di Denpasar Perebutkan 53 Formasi

Baca: Video Penganiayaan di Denpasar Viral di Medsos, Pelakunya Anggota Ormas, Ini Kronologi Lengkapnya

Baca: SMP di Denpasar Berhasil Raih Medali Emas pada Ajang Inventors Day di Thailand

"Lewat Porseni ini kami ingin meningkatkan kreativitas anak-anak dan dengan program ini kami juga meningkatkan hubungan orang tua dan anak serta dengan pendidik PAUD," kata Selly.

Porseni ini juga akan diisi lomba untuk memperkenalkan budaya kepada anak sejak dini.

Salah satunya lewat lomba ngulat tipat (membuat ketupat) dengan peserta orangtua bersama anaknya.

"Orangtua dan anak bersama ikut lomba ngulat tipat sebagai pengenalan budaya secara dini kepada anak," imbuhnya.

Selly juga berharap di zaman gadget ini, guru PAUD dapat meningkatkan daya saing dan bisa memanfaatkan gadget dalam proses pembelajaran.

"Setiap tahun kami juga selalu adakan pelatihan dan seminar kepada guru PAUD untuk menambah wawasan guru PAUD," paparnya.

Guru PAUD harus terlatih baik dari segi kesehatan, intelektualitas, maupun spiritual agar anak-anak didiknya juga bisa berkembang secara menyeluruh. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved