Peringati HUT Endrawati Cancer Centre, RS Prima Medika Ajak Penderita Kanker untuk Kuat

Sabtu (16/2/2019) Rumah Sakit Prima Medika menyelenggarakan peringatan Hari Kanker Sedunia sekaligus ulang tahun kedua dari Endrawati Cancer Centre.

Peringati HUT Endrawati Cancer Centre, RS Prima Medika Ajak Penderita Kanker untuk Kuat
dok Tribun Bali
Peringati HUT Endrawati Cancer Centre, Sabtu (16/2/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sabtu (16/2/2019) Rumah Sakit Prima Medika menyelenggarakan peringatan Hari Kanker Sedunia sekaligus ulang tahun kedua dari Endrawati Cancer Centre.

Kegiatan ini digelar di Endrawati Cancer Centre, Jalan Pulau Serangan No. 9X Denpasar, Bali.

Endrawati Cancer Centre diresmikan pada 4 Februari 2018 bertepatan dengan Hari Kanker Sedunia.

"Endrawati Cancer Centre merupakan salah satu unit pelayanan unggulan Rumah Sakit Prima Medika dalam penanganan kanker. Sebenarnya ini sudah didirikan tahun 2002, namun menggunakan nama Endrawati baru tanggal 4 Februari 2018," kata Direktur Rumah Sakit Prima Medika, dr Putu Dian Ekawati MPH.

Baca: Kematian Tertinggi di Dunia Disebabkan Oleh Kanker, Ini Cara Menghindarinya

Penamaan Endrawati Cancer Centre ini untuk mengabadikan nama dari salah satu pendiri RS Prima Medika yang juga seorang fighter kanker atau pejuang kanker.

Ia bernama lengkap dr Endrawati Wibawa Manuaba, MMR yang juga merupakan istri dari Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Prof.DR.dr IB Tjakra Wibawa Manuaba, SpB.K.Onk. yang juga pendiri RS Prima Medika.

"Selama lebih dari 20 tahun beliau menderita kanker dan sepanjang hidupnya beliau tetap berjuang. Namun beliau tetap samangat mengelola dan menjadi Direktur RS Prima Medika. Beliau adalah inspirasi kami, bahwa ketika didiagnosa menderita kanker kehidupan belumlah selesai, melainkan tetap berjuang sebagaimana orang normal tanpa meninggalkan pengobatan," kata Dian.

Acara yang mengambil tema Walk, Dance, & Sharing ini dirangkaikan dengan jalan santai untuk menjaga kesehatan, senam sehat, dan menari bersama penyintas dan penderita kanker.

Juga ada acara sharing atau berbagi antar penderita untuk saling memberikan semangat dan saling menguatkan.

"Kami ajak mereka untuk tetap sehat dan ceria, tidak terpuruk oleh penyakit kanker yang mereka derita. Juga ada acara sharing dengan dengan penderita kanker yang akan didampingi dokter spesialis bedah dan Tim Onkologi. Para dokter ini akan memberikan informasi yang benar tentang cara mengatasi kanker," paparnya.

Kegiatan ini juga bekerjasama dengan beberapa komunitas penyintas kanker yang ada di Bali.

Kedepannya ia berharap, Rumah Sakit Prima Medika menjadi rumah sakit unggulan dalam memberikan penanganan bagi penderita kanker dan memberikan layanan terpadu yang hadir di tengah-tengah masyarakat Bali.

"Juga bisa menjadi pusat informasi tentang kanker, pengobatan kanker, dan meningkatkan kepedulian masyarakat tentang kanker ," katanya.

Semakin banyak masyarakat yang tahu cara mendeteksi dini kanker, maka akan semakin banyak masyarakat yang terhindar dari kanker itu sendiri.

"Bila ditemukan stadium dini, pengobatan yang dilakukan akan lebih sederhana, murah dini dan dan harapan hidupnya lebih panjang. Dengan demikian kami telah membantu program pemerintah dalam menekan angka kesakitan dan kematian akibat kanker, karena kita tahu bahwa kematian tertinggi di dunia masih disebabkan oleh kanker," paparnya. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved