Matikan Bluetooth saat Tak Digunakan, Ini Bahaya yang Mengancam Jika Bluetooth Terus Menyala

Matikan bluetooth jika Anda tidak menggunakannya atau jika Anda berada di dekat orang yang tidak Anda percayai.

Matikan Bluetooth saat Tak Digunakan, Ini Bahaya yang Mengancam Jika Bluetooth Terus Menyala
TRIBUNNEWS/Ist
Bluetooth 

TRIBUN-BALI.COM - Menghidupkan bluetooth di manapun tempatnya dan kapanpun ternyata dapat mengakibatkan serangan hacker melalui blueborne.

Blueborne adalah penyerang untuk mengendalikan perangkat, mengakses data dan jaringan tertentu melalui koneksi bluetooth.

 
Dengan serangan ini secara otomatis pengguna perangkat tidak sadar bahwa smartphone mereka telah diretas.

Selain hal tersebut, hal yang lebih parah lagi perangkat smartphone dapat dikontrol oleh hacker tanpa sepengetahuan pengguna.

Hal itu seperti mengutip dari wired.com, dalam laman resmi tersebut dikatakan bahwa ada banyak pintu masuk digital yang dibiarkan terbuka sepanjang waktu, seperti Wi-Fi, Bluetooth dan koneksi seluler Anda.

"Perusahaan Armis telah mengummumkan bahwa pengguna bluetooth secara terus-menerus sepanjang hari akan memunculkan serangan hacker terhadap data-data dari para pengguna", tulis Wired.com.

Matikan bluetooth jika Anda tidak menggunakannya atau jika Anda berada di dekat orang yang tidak Anda percayai. 

Mungkin ada beberapa ketidaknyamanan ketika Anda membawa laptop ke meja dan ingin terhubung ke mouse dan keyboard bluetooth.

Namun di sisi lain, dengan mematikan pengguna bluetooth, serta otomatis data-data di smartphone ataupun gadget anda akan aman.

"Bagi penyerang itu adalah Candy Land," kata David Dufour, wakil presiden bidang teknik dan keamanan siber di perusahaan keamanan Webroot.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved