Polda Bali Kini Miliki Kapal Polisi PRG Ini Fungsi Dan Ketangguhannya di Laut

Kapolda Bali dan Pejabat Utama lainnya langsung menjajal ketangguhan Kapal Polisi PRG tersebut ke Perairan Serangan.

Polda Bali Kini Miliki Kapal Polisi PRG Ini Fungsi Dan Ketangguhannya di Laut
Tribun Bali / Zaenal Nur Arifin
Kapal Polisi PRG yang diresmikan Kapolda Bali di Pulau Serangan, Selasa (20/2/2019) 

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR - Kini Direktorat Polisi Perairan (Dit Polair) Polda Bali kini memiliki Kapal Polisi buatan dalam negeri dengan jenis kecil yang mampu menjelajah di bawah 12 mil perairan dan dapat masuk ke perairan dangkal.

Kapal Polisi tersebut diberi nama Prawira Raksa Ghora (PRG).

Peresmian kapal tersebut ditandai dengan pemukulan kendi ke dek kapal oleh Kapolda Bali Irjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose didampingi Wakapolda Bali Brigjen Pol I Wayan Sunartha dan Dir Polair Polda Bali Kombes Pol Hadi Purnomo, Rabu (20/2/2019).

Selain peresmian Kapal dilakukan juga peresmian Pospolairud Serangan.

Seusai meresmikan, Kapolda Bali dan Pejabat Utama lainnya langsung menjajal ketangguhan Kapal Polisi PRG tersebut ke tengah Perairan Serangan.

“Tadi kurang lebih 9 orang di dalam Kapal itu. Kenapa kita perlu memiliki kapal-kapal jenis kecil seperti ini (Kapal Polisi PRG). Karena pertama kita akan menjaga garis pantai bukan yang diatas 200 mil tapi kita dibawah 12 mil. Kemudian banyak tempat-tempat kalau kita lihat dari ancaman terutama untuk menjaga kenyamanan turis selama liburan kita perlu kapal-kapal kecil seperti ini untuk bantuan evakuasi,” ungkap Irjen Petrus Golose.

Meskipun angka kecelakaan turis di Pantai atau di laut kawasan Bali meskipun kecil tetapi ada kejadian 2 sampai 3 bulan sekali.

Sehingga pihaknya merasa perlu menambah armada kapal overcraft ini yang bisa melakukan evakuasi dan melakukan penjagaan keamanan pesisir pantai.

“Unsurnya (pengadaan armada kapal) adalah unsur pelayanan laut, kedua pengawasan patroli laut. Kedepan akan ada kapal jenis besar untuk patroli laut. Juga kita akan tindak tegas pelaku penyelundupan narkoba melalui laut,” tegasnya.

Sejauh ini keamanan perairan laut dan pesisir Pantai Bali menjelang Pilpres dan Pileg 2019 sangat kondusif dan esok Polda Bali khususnya Dit Polair Polda Bali akan melakukan bersih-bersih sampah plastik.

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved