Apakah Bisa Bersin dengan Mata Terbuka? Berikut Penjelasannya

Semua orang pasti pernah bersin, kapan pun dan di mana pun. Ya, reaksi ini seperti datang tiba-tiba dan tak bisa dikendalikan.

Apakah Bisa Bersin dengan Mata Terbuka? Berikut Penjelasannya
Mengatasi masalah tubuh 

TRIBUN-BALI.COM - Semua orang pasti pernah bersin, kapan pun dan di mana pun. Ya, reaksi ini seperti datang tiba-tiba dan tak bisa dikendalikan.

Jika diperhatikan, saat seseorang bersin maka dia akan menutup matanya. Reaksi menutup mata juga merupakan tindakan yang dilakukan secara tiba-tiba dan tidak disadari.

Namun, sebenarnya apa hubungan antara bersin dan reaksi kelopak mata Anda? Benarkah manusia tak mungkin bersin dengan mata terbuka? Berikut penjelasan ilmiahnya menurut para ahli.

Dilansir dari Hello Sehat, kita bersin saat hidung kemasukan kuman, bekteri, debu, serbuk sari bunga, partikel halus, polutan, alergen, dan material kecil lainnya.

Saat itu terjadi, otak akan langsung bereaksi dan mengirim sinyal untuk mengusir partikel asing tersebut keluar dari tubuh.

Saat itu terjadi, paru-paru akan terisi cukup banyak udara kemudian membuat otot dada berkontraksi dan menghentakkan udara bersama material asing dari sistem pernapasan.

Hentakan saat kita bersin kecepatannya cukup mengagumkan, yakni 4,5 meter per detik.

Kenapa kita menutup mata saat bersin? Kebanyakan orang akan secara tak sadar menutup mata saat bersin. Sayangnya, belum ada jawaban pasti yang bisa menjelaskan penyebabnya.

Para peneliti sendiri masih terus mempelajari kaitan antara hentakan ketika bersin dengan otot-otot pada kelopak mata.

Salah satu teori yang paling kuat menjelaskan bahwa saat bersin, otak memerintahkan banyak otot untuk berkontraksi sekaligus.

Baca: Cegah Radikalisme Masuk Kampus, PMII & Polda Bali Bersinergi Jelang Muspimnas PMII 2019

Baca: Dinas Kesehatan Stop Pasokan Vaksin Anti Rabies, RSUP Sanglah Tak Lagi Sediakan VAR

Baca: Ternyata Sekali Selingkuh, Pasangan Bakal Selingkuh Lagi di Lain Waktu! Begini Penjelasannya

Halaman
123
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved