Gunung Agung Terkini

Beredar Video Viral 3 Bule Panik Saat Gunung Agung Tiba-tiba Erupsi, Ini Respon BPBD Karangasem

Tiga orang wisatawan mancanegara (wisman) yang belum diketahui identitasnya kembali bikin ulah dan nekat naik ke Gunung Agung saat erupsi.

Beredar Video Viral 3 Bule Panik Saat Gunung Agung Tiba-tiba Erupsi, Ini Respon BPBD Karangasem
Istimewa/Screensot video.
Tiga Bule mendaki saat Gunung Agung di Karangasem, Bali erupsi belum lama ini. 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Tiga orang wisatawan mancanegara (wisman) yang belum diketahui identitasnya kembali bikin ulah dan nekat naik ke Gunung Agung saat erupsi.

Peristiwa tersebut terekam dari video durasi sekitar 48 detik yang beredar di media sosial (medsos).

Video ini pun langsung menjadi viral lantaran tiga orang pendaki kalang kabut menyelamatkan diri saat melihat letusan yang diiringi asap berwarna kelabu.

Tiga orang pendaki tampak langsung berlari ke bawah menuruni tebing dengan hati-hati. Mereka terlihat panik lantaran abu warna hitam membumbung tinggi ke langit. Nafasnya terengah - engah menyusuri tebing terjal.

Dikonfirmasi terpisah oleh Tribun Bali, Minggu (24/2), Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa menyayangkan kejadian tersebut mengingat kondisi Gunung Agung belum stabil, dan berpotensi meletus.

Apalagi si bule naik Gunung Agung saat mengalami erupsi.

"Pendaki naik saat erupsi dua hari lalu. Videonya kan sudah viral. Orangnya nggak jelas karena hanya ada video,"kata Arimbawa, mantan Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Perhubungan dan Damkar (Dishub & Damkar) Karangasem.

Seperti diketahui sebelumnya, Gunung Agung, Bali kembali erupsi pada tanggal 22 Februari 2019 pukul 16.31 Wita dengan tinggi kolom abu teramati ± 700 m di atas puncak (± 3.842 m di atas permukaan laut).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 11 mm dan durasi ± 6 menit 20 detik.

Halaman
12
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved