Gung Darma, Disabilitas Petugas Lipat Surat Suara, Sisipkan Harapan pada Caleg & Capres Terpilih

Kisah penyandang disabilitas yang bekerja sebagai petugas lipat surat suara di Bangli

Gung Darma, Disabilitas Petugas Lipat Surat Suara, Sisipkan Harapan pada Caleg & Capres Terpilih
Tribun Bali/Muhammad Fredey Mercury
Lipat Surat Suara - Gung Darma (kaos merah) nampak sibuk melipat kertas surat suara bersama petugas sortir dan lipat lainnya, Rabu (27/2/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Hajatan pemilihan umum (Pemilu) serentak pada 17 April 2019 mendatang menjadi lahan rejeki dadakan khususnya untuk sebagian masyarakat di Bangli.

Banyak dari mereka yang melamar menjadi petugas lipat dan sortir surat suara, mulai dari ibu rumah tangga, hingga para remaja baik pria maupun wanita.

Petugas lipat dan sortir, tak hanya melibatkan mereka yang bisa dikatakan memiliki fisik sempurna, tetapi ada satu diantaranya yang merupakan seorang penyandang disabilitas.

Pria yang diketahui bernama Anak Agung Darma Laksana ini, menegaskan bahwa keterbatasan fisik yang dialami sejak lahir, tidak menjadi penghambat baginya untuk tetap bekerja.

Bahkan, ia terlihat gesit melipat surat suara calon legislatif DPR RI, di tengah sekumpulan warga lainnya, Rabu (27/2/2019).

Baca: Warga Ashram Gandhi Klungkung Polisikan Ipung Karena Dianggap Cemarkan Nama Baik

Baca: Krama Adat Akan Miliki KK Adat untuk Mengetahui Silsilah Keluarga

Surat suara yang sebelumnya telah disortir kelompoknya, selanjutnya dia lipat dan kemudian diapit dengan kakinya yang kecil.

Sesekali pria bertato di kedua tangan ini nampak menyeka peluh yang membasahi keningnya.

"Satu, dua, tiga...," ucapnya dengan nada berbisik, menghitung lipatan surat suara yang sedari tadi diapit, untuk dikumpulkan per lima lembar sebelum direkatkan dengan karet gelang.

Gung Darma mengatakan, rata-rata dua dus surat suara berisi 1.000 lembar berhasil dilipatnya yang mulai bekerja pukul 08.00 Wita hingga 17.00 Wita.

Baca: Nanti Malam! Padi Reborn Akan Jadikan Bali Begitu Indah

Baca: Bocah SD di Gianyar Tewas Digigit Ular Misterius Sebesar Jari Telunjuk Saat Tidur di Kamar

Sembari menyelesaikan pelipatan surat suara, pria 27 tahun ini mengungkapkan sudah sepekan terakhir menjadi seorang petugas lipat surat suara.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved