Pesan Penyandang Disabilitas di Bangli untuk Calon Terpilih: Perhatikan Juga Nasib Kami

Harapan itu berupa perhatian dalam wujud nyata, untuk dirinya maupun sesama penyandang disabilitas agar lebih diperhatikan

Pesan Penyandang Disabilitas di Bangli untuk Calon Terpilih: Perhatikan Juga Nasib Kami
Tribun Bali/Fredey Mercury
Gung Darma tampak sibuk melipat surat suara, Rabu (27/2/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Keterbatasan fisik Anak Agung Darma Laksana tidak menjadi penghambat baginya untuk tetap bekerja. Ia tampak gesit melipat surat suara calon legislatif DPR RI di tengah warga lainnya, Rabu (27/2/2019).

Hajatan pemilu serentak pada 17 April 2019 mendatang menjadi lahan rezeki khususnya untuk sebagian masyarakat di Bangli.

Banyak yang melamar menjadi petugas lipat dan sortir surat suara, mulai dari ibu rumah tangga, hingga para remaja. Demikian juga dengan Anak Agung Darma Laksana.

Surat suara yang sebelumnya telah disortir kelompoknya, selanjutnya ia lipat dan kemudian diapit dengan kakinya.

Sesekali tampak menyeka keringat yang membasahi dahinya.

"Satu, dua, tiga," ucapnya berbisik menghitung lipatan surat suara yang sedari tadi diapit untuk dikumpulkan per lima lembar sebelum direkatkan dengan karet gelang.

Gung Darma mengatakan, rata-rata dua dus surat suara berisi 1.000 lembar berhasil dilipatnya mulai pukul 08.00 Wita hingga 17.00 Wita.

Sembari menyelesaikan pelipatan surat suara, pria 27 tahun ini mengungkapkan sudah sepekan terakhir menjadi seorang petugas lipat surat suara.

Pekerjaan ini, diakuinya lumayan untuk mengisi waktu luang sehari-hari yang kebanyakan ia gunakan untuk ngempu keponakan di rumah. Saat ini, Gung Darma tidak memiliki pekerjaan tetap.

"Saudara yang awalnya kasih tahu. Setelah saya mau, dia langsung daftarkan saya juga. Kalau ke sini (Pasar Terminal Loka Crana), tiap hari diantar oleh bapak, dan pulangnya dijemput. Hasilnya ini (upah pelipatan) nanti digunakan untuk kebutuhan sehari-hari," kata pria asal Desa Susut Kaja, Kecamatan Susut ini.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved