Rutan Bangli Komitmen Anti Halinar, Imbau Warga Binaan Melapor jika Ada Petugas Pungli

Rutan dan Lapastik Bangli berkomitmen tidak ada pungli di areal lapas, bebas handphone, dan peredaran narkoba (Halinar)

Rutan Bangli Komitmen Anti Halinar, Imbau Warga Binaan Melapor jika Ada Petugas Pungli
Rutan Bangli
ANTI HALINAR - Suasana Deklarasi Anti Halinar, WBK dan WBBM di Aula Rutan Bangli, Kamis (28/2/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Rumah Tahanan (Rutan) Bangli dan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (Lapastik) Bangli berkomitmen tidak ada pungli di areal Lembaga pemasyarakatan (Lapas), bebas handphone, dan peredaran narkoba (Halinar).

Selain berkomitmen anti Halinar, pada Kamis (28/2/2019) juga digelar deklarasi sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kepala Lapastik Bangli, Arif Rahman menjelaskan komitmen Halinar ini merupakan penegasan bahwa tidak ada pungli yang dilakukan petugas di areal lapas.

Baca: Raih 15 Medali, SMAN 2 Semarapura Juara Umum OSK

Baca: Terkuak Alasan Pengusaha Ini Bayar Rp 80 Juta Untuk Booking Vanessa Angel, Ini Gambaran Sosoknya

Namun jika setelah deklarasi ini masih ditemukan handphone di kamar warga binaan, maka siapapun yang memfasilitasi akan diberikan tindakan tegas sesuai aturan berlaku.

Aksi ini dikatakan Arif juga melibatkan warga binaan.

Bilamana warga binaan mengetahui ada petugas yang memfasilitasi pemberian handphone atau meminta sesuatu berupa pungutan liar, ia menegaskan warga binaan itu boleh melaporkan.

Baca: Perpanjang Kerja Sama dengan Disnaker, BPJS Kesehatan Denpasar Lakukan Audiensi

Baca: Di Balik Rasa Pedasnya, Ternyata Ini Manfaat Sambal Bagi Tubuh, Turunkan Berat Badan & Cegah Kanker

“Contohnya pungli, okelah di dalam tidak meminta sesuatu. Tetapi umpama dia (petugas) kenal dengan keluarganya (warga binaan), kemudian menghubungi dan meminta sesuatu kan bisa saja demikian. Dengan iming-iming janji memberikan kemudahan atau fasilitas apapun di dalam lapas. Atas perbuatan tersebut, petugas yang bersangkutan itu bisa dikenai sanksi tegas berupa hukuman disiplin,” ungkapnya.

“Tetapi kalau di Lapastik, hal tersebut tidak ada. Jadi deklarasi yang dilakukan ini hanya untuk jaga-jaga saja,” tegasnya.

Senada dengan Arif Rahman, Kepala Rutan Bangli, I Made Suwendra mengungkapkan, tujuan dilaksanakannya deklarasi yang bertempat di Aula Rutan Bangli ini adalah untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pelayan masyarakat yang bebas dari unsur korupsi, serta memberikan pelayanan birokrasi bersih melayani semaksimal mungkin.

Baca: Made Putra Kembangkan Bisnis Sedotan Berbahan Bambu

Baca: Jadwal Pertandingan Liga Inggris Minggu Ini, Ada Big Match di Derbi London

“Ini merupakan visi dan misi kami sebagai institusi pemerintah yang benar-benar melaksanakan anti korupsi. Jadi pelaksanaan deklarasi ini tidak didasari hanya karena adanya temuan di lapangan,” ujarnya.

Pihaknya tidak memungkiri jika sebelumnya saat dilakukan razia banyak ditemukan alat komunikasi berupa handphone dari dalam kamar warga binaan.

Baca: Respon Tuduhan Terima Mobil dari ex-Calon Bupati PDIP, Mahfud: 15 Menit Lagi Kakek Lihat TV Ya

Baca: Melalui Penerawangan, Beby Djenar Sebut Syahrini & Reino Barack Bakal Dihantam Orang Ketiga

Namun ia menegaskan, dengan deklarasi ini diharapkan menjadi titik awal tidak ada lagi temuan handphone, pungutan liar, maupun transaksi narkoba yang dilakukan narapidana ataupun melibatkan petugas.

“Alat komunikasi ini yang paling penting. Selain berpotensi sebagai alat transaksi narkoba, alat komunikasi HP maupun sejenisnya ini juga berpotensi sebagai ancaman. Ancaman hukumannya berat sekarang. Bisa melalui proses penjatuhan sanksi administratif, atau bahkan jika mereka terbukti terlibat dalam hal transaksi narkoba, terlibat dalam terorisme, atau korupsi, pungli, mereka bisa diproses melalui sanksi hukuman pidana. Sedangkan terkait HP, sanksi yang mereka dapatkan bisa pembinaan, pemindahan, dan sebagainya,” tandasnya. (*)

Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved