Cegah Bahan Pangan Naik Menjelang Nyepi, Dinas Ketahanan Pangan Bali Adakan Pasar Murah

Guna mengendalikan adanya kenaikan harga bahan pangan ini, maka harus ada persediaan produksi yang mencukupi sehingga harga di pasaran tetap stabil.

Cegah Bahan Pangan Naik Menjelang Nyepi, Dinas Ketahanan Pangan Bali Adakan Pasar Murah
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Pasar murah oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali di parkir timur Lapangan Puputan Margarana (Bajra Sandi), Renon, Denpasar, Minggu (3/3/2019) pagi di acara Car Free Day (CFD) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Menjelang hari besar keagamaan seringkali harga bahan pangan di pasaran mengalami kenaikan.

Wajar, karena sesuai dengan hukum pasar yang berlaku, jika permintaan mengalami kenaikan maka mendorong terjadinya peningkatan harga.

Menjelang perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 7 Maret mendatang yang esoknya dilanjutkan dengan Hari Ngembak Geni, harga bahan pangan juga diprediksi mengalami peningkatan.

Guna mengendalikan adanya kenaikan harga bahan pangan ini, maka harus ada persediaan produksi yang mencukupi sehingga harga di pasaran tetap stabil.

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali tengah berusaha menjaga stabilitas pasokan dan harga tersebut dengan mengadakan bazaar atau pasar murah.

Pasar murah tersebut diselenggarakan di parkir timur Lapangan Puputan Margarana (Bajra Sandi), Renon, Denpasar, Minggu (3/3/2019) pagi di acara Car Free Day (CFD) yang bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Perum Bulog dan beberapa dinas terkait seperti Dinas Peternakan, Dinas Pertanian dan Dinas Kelautan dan Perikanan.

Baca: Matoa Si Buah Langka Khas Indonesia, Harganya Bisa Tembus Ratusan Ribu per Kilo

Baca: Februari 2019 Denpasar Deflasi -0,43 Persen, Bensin Nonsubsidi, dan Air Kemasan Turut Ambil Andil

Baca: Perpanjang Kerja Sama dengan Disnaker, BPJS Kesehatan Denpasar Lakukan Audiensi

“Jadi Dinas Ketahanan Pangan bersama-sama Perum Bulog, Dinas Peternakan, Pertanian dan Perikanan Kelautan, kita bersama mengadakan bazaar murah ini terkait dengan kegiatan Hari Raya Nyepi. Nanti hari raya lain seperti Galungan Idul Fitri kita akan lakukan,” kata Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bali, I Wayan Mardiana.

Saat ditemui Tribun Bali di lokasi bazaar murah, Mardiana mengatakan kegiatan ini ke depannya tidak hanya dilakukan di ibukota Provinsi Bali, tetapi juga dilakukan di beberapa kabupaten lainnya.

Harga dalam bazaar ini memang lebih murah dari harga yang biasanya di pasaran.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved