Ratusan Ribu Pemedek Ikuti Melasti Panca Wali Krama, Panjang Iring-iringan Capai 5 Kilometer

Ratusan ribu umat mengiringi pemargi Ida Bhatara saat prosesi melasti dari Pura Agung Besakih, Rendang, Karangasem, menuju Segara Watu Klotok

Ratusan Ribu Pemedek Ikuti Melasti Panca Wali Krama, Panjang Iring-iringan Capai 5 Kilometer
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Prosesi melasti serangakian Tawur Agung Panca Wali Krama dari Pura Besakih, menuju Segara Watu Klotok, Sabtu (2/3/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Ratusan ribu umat mengiringi pemargi Ida Bhatara saat prosesi melasti dari Pura Agung Besakih, Rendang, Karangasem, menuju Segara Watu Klotok, Klungkung, Sabtu (2/3).

Upacara melasti ini disambut sangat antusias oleh umat, mengingat prosesi ini serangkaian Tawur Agung Panca Wali Krama yang hanya digelar 10 tahun sekali.

Hujan yang mengguyur wilayah Karangasem dan Klungkung tak menyurutkan semangat pemedek. Mereka tetap mengiringi pemargi Ida Bhatara di bawah guyuran hujan. Pakaian yang basah tak membuat mereka menyerah.

Pemedek yang mengiringi palelastian berasal dari berbagai daerah di Bali hingga luar Bali.

"Pemedek  datang dari seluruh Bali. Ada juga yang datang dari Banyuwangi dan Lumajang (Jawa Timur). Saya ikut untuk ngayah, mengiringi proses melasti," kata seorang pemedek Made Sukerta saat ditemui di Pura Besakih.

Sebanyak 18 Jempana diiringi ratusan ribu umat menuju Segara Klotok, yang berjarak 27 kilometer dari Besakih.

Runtutanya yakni Jempana Catur Lawa, Ida Ratu Pasek, Ida Ratu Pande, Ida Ratu Penyarikan, Ida Ratu Dukuh, diikuti Pralinga Ida Bhatara Lingsir, dan Ida Bhatara Penataran Agung.

Di sisi lain, sejak pagi hari warga desa telah memadati ruas jalan yang akan dilewati pemargi Ida Bhatara yakni dari Desa Besakih, Desa Nongan, Desa Selat, hingga Desa Tojan.

Selain menghaturkan banten, masyarakat juga menaruh minuman dan makanan di depan rumah mereka.

Aneka minuman dan makanan itu dihaturkan secara suka rela oleh warga, untuk pelepas dahaga bagi para pemedek yang mengikuti prosesi melasti ini. 

Halaman
1234
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved