Wiki Bali

TRIBUN WIKI – Inilah Ogoh-ogoh Tainsiat dari 2010 hingga 2018

Pelaksanaan Catur Beratha Penyepian identik dengan pengusungan ogoh-ogoh pada malam hari, sehari sebelum menjelang Nyepi

TRIBUN WIKI – Inilah Ogoh-ogoh Tainsiat dari 2010 hingga 2018
Tribun Bali/ I Wayan Erwin Widyaswara
Ogoh-ogoh Bade Mas di lingkungan Desa Dangin Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, milik pemuda Banjar Tainsiat, Selasa (8/3/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

 TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Pelaksanaan Catur Beratha Penyepian identik dengan pengusungan ogoh-ogoh pada malam hari, sehari sebelum menjelang Nyepi.

Berbagai bentuk dan gaya ogoh-ogoh meramaikan malam pengerupukan di Kota Denpasar.

Sekaa Teruna Teruna Yowana Saka Bhuwana (STYSB) Banjar Tainsiat, Denpasar Utara, Kota Denpasar menjadi salah satu STT yang melahirkan ogoh-ogoh kreatif setiap tahunnya.

Berikut Tribun Bali rangkum karya-karya STYSB dari 2010 hingga 2018.

1. Candra Baerawa 2010

Candra Baerawa atau yang biasa disebut Candabirawa, dalam dunia pewayangan adalah sejenis ilmu yang hanya dimiliki oleh Begawan Bagaspati dan Prabu Salyapati, yang dapat mendatangkan sebangsa jin raksasa untuk mengawal dan membantunya dalam suatu pertempuran.

Bila jin raksasa kerdil itu dipukul atau diserang, ia akan membelah diri menjadi dua dan jika diserang lagi, ia membelah diri lagi menjadi empat, begitu seterusnya, sehingga jumlahnya terus meningkat sesuai dengan deret ukur.

Baca: Patung Sangkar Ayam Khas Penatih, Nasibmu Kini

Baca: Beberapa Selebriti Ini Mengganti Nama dan Merasa Hidupnya Lebih Bahagia 

Ilmu itu hanya dapat dikalahkan oleh orang yang tidak mempunyani hawa nafsu untuk menyerang dan manusia yang berdarah putih.

Itulah sebabnya, ketika Prabu Salyapati bertindak sebagai panglima perang di pihak Kurawa, para Pandawa atas saran Prabu Kresna mengangkat Yudistira sebagai panglimanya.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved