Hari Raya Nyepi

Jelang Nyepi, Pelabuhan Sanur ke Nusa Penida Alami Penurunan Wisatawan 5 -10 Persen

Pelabuhan penyeberangan Sanur ke Nusa Penida jelang Hari Raya Nyepi 2019 mengalami penurunan dibandingakn Hari Raya Nyepi tahun 2018.

Jelang Nyepi, Pelabuhan Sanur ke Nusa Penida Alami Penurunan Wisatawan 5 -10 Persen
Tribun Bali/Noviana Windri Rahmawati
Syahbandar Penyeberangan Sanur, Warsita saat ditemui Tribun Bali di Kantor Syahbandar, Sanur, Denpasar, Bali, Selasa (5/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali/Noviana Windri Rahmawati

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pelabuhan penyeberangan Sanur ke Nusa Penida jelang Hari Raya Nyepi 2019 mengalami penurunan dibandingakn Hari Raya Nyepi tahun 2018.

Syahbandar Penyeberangan Sanur, Warsita, menyebutkan Hari Raya Nyepi Tahun 2019 jumlah wisatawan lokal maupun asing menurun sebanyak 5-10 persen dibandingkan dengan tahun 2018.

"Persiapan jelang Hari Raya Nyepi untuk penyeberangan Sanur seperti hari-hari biasa. Ini malah penumpang agak menurun. Apa karena masih pada melasti untuk lokalnya. Kalau untuk tamunya juga tidak begitu banyak. Agak berkurang untuk tahun ini," ucapnya kepada Tribun Bali, Selasa (5/3/2019).

Ia menuturkan penurunan jumlah penyeberangan Pelabuhan Sanur ke Nusa Penida juga diakibatkan oleh tahun politik.

Baca: Saat Nyepi LPJU Dipadamkan Pukul 24.00 Wita, Jika Ada yang Masih Menyala Hubungi Nomor-Nomor Ini

Baca: Dari Pengobatan hingga Biaya Persalinan, Gusde Rasakan Manfaat Kartu JKN-KIS

"Belum ada peningkatan penumpang. Angka signifikannya belum ada. Kalau situasi seperti ini dari kemarin juga sepi. Ya biasa saja jumlah kapalnya. Malah mengalami penurunan,"

"Masih ramai tahun kemarin. Tahun politik, tamu kendor karena itu. Politik itu kan kondisi keamanan mungkin membuat tamu menurun. Tahun kemarin masih ramai. 5-10 persen penurunan di Hari Raya Nyepi tahun ini," ungkapnya.

Pihaknya juga menyebutkan tidak ada penambahan jumlah fast boat untuk penyeberangan Sanur ke Nusa Penida.

Hal senada juga diungkapkan Reservasi El Rey Junior salah satu jasa penyeberangan, Ni Wayan Juliani yang juga menyebutkan jumlah penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan tidak mengalami peningkatan.

Baca: Terjadi Peristiwa Gawat Darurat saat Nyepi di Bali? Hubungi Nomor Ini

Baca: Muliakan Roh Hewan Kurban, Ratusan Warga Ikuti Ritual Mapepada di Catus Pata Kota Semarapura

"Penumpangnya sama seperti hari biasa, penumpangnya biasa-biasa saja. Dari kemarin juga biasa saja. Mungkin besok h-1 itu baru banyak. Wisatawan asing juga biasa saja. Belum ada penambahan boat. Paling ramai pagi hari," ujarnya.

Sementara, Pelabuhan Penyeberangan Sanur-Nusa Penida-Lembongan ditutup mulai tanggal 7 Maret 2019 pukul 06.00 Wita dan dibuka kembali 8 Maret 2019 pukul 06.00 Wita. (*)

Penulis: Noviana Windri
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved