Pilpres 2019

KPU Bali Coret 33 WNA dari DPT, Bawaslu Temukan 59 WNA Terdaftar Pemilih Tetap

Jumlah warga negara asing (WNA) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 terus bertambah.

KPU Bali Coret 33 WNA dari DPT, Bawaslu Temukan 59 WNA Terdaftar Pemilih Tetap
dokumentasi KPU Tabanan
Seorang WNA yang masuk dalam DPT bernama Francis Oliver Georges Couderq. Pria kelahiran Neujlly Sur Seine ini memilik e-KTP dan beralamat di Desa Sudimara, Tabanan. Dan status kewarganegaraannya masih asing yakni Prancis. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Jumlah warga negara asing (WNA) yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 terus bertambah.

Ini berdasarkan hasil penelusuran faktual yang dilakukan oleh KPU bekerja sama dengan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Bali.

Dalam penelusuran tersebut, dari 34 orang WNA yang diduga masuk dalam DPT, sebanyak 33 orang akhirnya dicoret oleh KPU Bali.

Ini karena dari data tersebut ternyata ada satu orang itu sudah berstatus naturalisasi sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Penambahan ini terungkap dalam Rapat Koordinasi yang digelar KPU Bali bersama seluruh KPU kabupaten/kota terkait pembahasan DPT-B atau daftar pemilih tambahan pada Minggu malam (10/3).

Jumlah WNA yang dicoret itu tersebar di beberapa kabupaten/kota. Paling banyak ada di Kota Denpasar. Jumlahnya 15 orang WNA.

Disusul Kabupaten Buleleng dengan jumlah delapan orang WNA. Lalu Kabupaten Tabanan sebanyak enam orang. Kabupaten lainnya seperti Badung, Bangli, Jembrana, dan Karangasem masing-masing satu orang.

Namun jumlah 33 orang itupun masih bisa berkembang. Karena itu, KPU Bali akan segera mengeluarkan edaran agar memastikan status pemilih saat hari H pencoblosan.

Khususnya bagi WNA yang membawa KTP elektronik (E-KTP).

"Kami akan keluarkan edaran. Baik dari provinsi maupun kabupaten/kota kepada masing-masing KPPS. Kita sudah komitmen dengan Bawaslu untuk mengawasi persoalan ini (WNA masuk DPT)," tukas Ketua KPU Bali Dewa Agung Gede Lidartawan saat dikonfirmasi, Senin (11/3).

Halaman
1234
Penulis: Ragil Armando
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved