Mengapa Perempuan Sering Dianggap sebagai Makhluk yang Rumit dan Sulit Dipahami?

Banyak pria yang merasa kesulitan memahami kaum perempuan. Kondisi ini kerap membuat komunikasi dalam hubungan menjadi tidak lancar.

Mengapa Perempuan Sering Dianggap sebagai Makhluk yang Rumit dan Sulit Dipahami?
Istimewa
Ilustrasi pacaran 

TRIBUN-BALI.COM - Banyak pria yang merasa kesulitan memahami kaum perempuan. Kondisi ini kerap membuat komunikasi dalam hubungan menjadi tidak lancar.

Tindakan perempuan seringkali dianggap berkebalikan dengan apa yang diucapkannya, atau tidak mau mengungkapkan secara terbuka apa yang dipikirkannya tapi menyalahkan orang lain jika tak mampu memahaminya.

Menurut psikolog Naomi Ernawati Lestari, anggapan perempuan adalah makhluk yang rumit mungkin karena yang melihatnya dari sisi laki-laki.

"Sementara perempuan menyebutkan diri mereka sendiri sebagai orang yang hangat, ramah, namun lebih cemas dan sensitif terhadap perasaan mereka sendiri dari pada laki-laki," kata Naomi.

Ia mengutip data penelitian yang melibatkan 23.000 laki-laki dan perempuan dari 26 budaya, termasuk negara-negara Asia.

Baca: 7 Quote Inspirasi dari Perempuan-perempuan Inspiratif

Baca: Perempuan, Jangan Lakukan 4 Hal Terlarang Ini ke Organ Intim, Termasuk Memasukkan Benda Asing

Baca: Caramu Meraih Kesuksesan & Kekayaan Terlihat dari Jawabanmu Menebak Mana yang Tangan Perempuan

Perbedaan emosi, cara pandang, penyelesaian masalah pada laki-laki dan perempuan juga menyebabkan kaum hawa dianggap lebih rumit karena mereka lebih banyak menggunakan sisi emosional.

"Laki-laki lebih melihat sisi rasional, sehingga emosional dikesampingkan. Ini yang membuat perempuan punya lebih banyak pertimbangan, sehingga dianggap lebih rumit," katanya.

Selain itu, menurut psikolog dari klinik LightHouse ini, para pria sulit mengerti apa yang sebenarnya diinginkan oleh lawan jenisnya ini.

Perbedaan cara komunikasi, yakni pria berkomunikasi secara spesifik dan menggunakan logika, juga berkontribusi pada kesalahpahaman.

"Karena cara berkomunikasinya berbeda, sering terjadi salah paham. Mengapa? Karena perempuan sering tidak mengkomunikasikan apa yang sebenarnya ingin mereka katakan dan berharap pria bisa menangkap apa yang mereka maksud," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved