Transportasi Gratis hingga Pengobatan Tradisional Diwadahi oleh Pelayanan JKN-KBS

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menyempurnakan program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Transportasi Gratis hingga Pengobatan Tradisional Diwadahi oleh Pelayanan JKN-KBS
Tribun Bali/Wema Satya Dinata
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya saat ditemui Jumat (8/2/2019) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menyempurnakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Gubernur Bali, Wayan Koster mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 104 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan Nasional Krama Bali Sejahtera (JKN-KBS) di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, akhir Februari lalu.

“JKN-KBS dari aspek kepesertaan menjangkau seluruh Krama Bali (masyarakat Bali dengan NIK dan bertempat tinggal di Provinsi Bali), untuk memberikan perlindungan kesehatan dan mencapai cakupan kesehatan semesta. Dari segi pelayanan, ada item pelayanan yang ditambahkan di mana sebelumnya tidak ter-cover JKN, dalam program JKN-KBS ini bisa terlayani,” kata Gubernur Koster dalam kunjungan bekerja ke Gianyar belum lama ini.

Dengan dikeluarkannya pergub tersebut, kini lebih dari 95 persen masyarakat Bali sudah terlayani JKN dan secara otomatis terintegrasi ke JKN-KBS.

Pada 2020 mendatang, Gubernur Koster menargetkan 100 persen masyarakat Bali akan ter-cover JKN-KBS.

Total ada 6 manfaat tambahan yang diberikan di luar layanan JKN oleh BPJS Kesehatan.

Baca: Parkir Berkapasitas 1.100 di Bandara Ngurah Rai Rampung, Usung Konsep Design Terasing Sawah Bali

Baca: Pasar Badung Rasa Mall Itu Kini Dilengkapi Wifi Gratis di 18 Titik

“Selain itu, puskesmas akan dimaksimalkan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat ditambah penyempurnaan pada sistem, riwayat kesehatan dan layanan online melalui aplikasi,” jelas Koster.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (5/3/2019) memaparkan kelebihan-kelebihan JKN-KBS di luar layanan yang telah di-cover sebelumnya melalui program JKN oleh BPJS kesehatan.

Salah satunya adalah pelayanan transportasi gratis bagi pasien emergency ke rumah sakit serta angkutan gratis untuk jenazah dari puskesmas atau rumah sakit menuju rumah.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved