Waspada, Tanda-Tanda Keputihan Ini Harus Segera Mendapat Pemeriksaan dari Dokter

Vagina adalah organ vital wanita yang harus dijaga kesehatannya. Upaya itu dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit berbahaya.

Waspada, Tanda-Tanda Keputihan Ini Harus Segera Mendapat Pemeriksaan dari Dokter
kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Vagina adalah organ vital wanita yang harus dijaga kesehatannya. Upaya itu dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit berbahaya.

Brand Manager Andalan Feminine Care, Maharani Anindita mengungkapkan bahwa saat ini pemakaian feminine hygiene di Indonesia masih terkendala berbagai hambatan.

Seperti miskonsepsi bahwa pemakaian pembersih kewanitaan secara rutin dapat memberikan efek kesehatan pada area kewanitaan.

Beberapa perempuan masih percaya bahwa cara tradisional jauh lebih alami. Sehingga mereka masih melakukan praktik merebus daun sirih tanpa tahu bahwa hal tersebut belum tentu higienis dan sehat.

Ada juga perempuan yang bahkan merasa belum butuh atau perlu untuk memelihara kesehatan area kewanitaannya.

Baca: Mayat Wanita Tiba-tiba Bangun Saat akan Dibawa ke Kamar Jenazah

Baca: Bisa Sebabkan Keracunan Saraf, Inilah Sejumlah Alasan Baterai Bekas Tidak Boleh Dibuang Sembarangan

Jika kebersihan daerah kewanitaan tidak dirawat dengan baik, bisa menimbulkan beberapa risiko. Salah satu risiko tersebut termasuk keputihan.

Karenanya, penting menjaga daerah kewanitaan agar tidak lembab, sehingga tak menjadi sarang bagi bertumbuhnya bakteri dan jamur.

Namun, bagaimana cara mengetahui jika keputihan yang dialami perlu diperiksakan ke dokter?

Dokter Aesthetic Gynecologist dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG., menjelaskan biasanya bisa diketahui dari jangka waktu mengalami keputihan.

"Misalnya 3 hari, tapi sudah mengganggu sekali, bikin tidak percaya diri, atau keputihan yang menembus dan tidak nyaman, itu lebih baik diperiksakan," jelasnya saat diwawancarai di acara Andalan Feminine Care Intimate Wash Press Launch di KAUM Jakarta, pada Rabu (13/3/2019).

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved