Pariwisata Bali Diharapkan Tumbuh Tanpa Menganaktirikan Sektor Lain, Termasuk Pertanian

Sektor pariwisata di Bali merupakan lokomotifnya perekonomian masyarakat dan berperan signifikan dalam pertumbuhan ekonomi

Pariwisata Bali Diharapkan Tumbuh Tanpa Menganaktirikan Sektor Lain, Termasuk Pertanian
Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra saat membuka secara resmi Rakerda Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Bali 2019 di BNDCC, Nusa Dua, Badung, Jumat (15/3/2019). 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sektor pariwisata di Bali merupakan lokomotifnya perekonomian masyarakat dan berperan signifikan dalam pertumbuhan ekonomi.

Namun itu bukan berarti sektor pariwisata tumbuh sendiri dan menyampingkan sektor ekonomi lainnya, seperti pertanian dan industri kreatif.

Sektor pariwisata diharapkan bisa tumbuh kuat tanpa meminggirkan sektor lainnya sehingga terbangun kekuatan ekonomi lokal Bali.

“Jangan sampai sektor pertanian hanya menjadi penonton dari pesatnya pertumbuhan pariwisata. Bagaimana kita mengaitkan pariwisata dengan aktivitas ekonomi lainnya sehingga terbentuk ekonomi yang kuat," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra.

Baca: Di Bali, Konjen Australia Gelar Peringatan Hari Perempuan Internasional 2019

Baca: Anggaran Rp 1,9 Miliar per Tahun Tak Mampu Cover Seluruh Bencana

Hal itu disampaikan Sekda Dewa Indra saat mewakili Gubernur Bali Wayan Koster membuka secara resmi Rakerda Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Bali 2019 di BNDCC, Nusa Dua, Badung, Jumat (15/3/2019).

"Pemahaman ini harus menjadi jiwa dan spirit kita bersama, kita perkuat ekonomi lokal, sumber daya lokal dan maju bersama-sama,“ imbuhnya.

Dijelaskan, Pemprov Bali saat ini berkomitmen tinggi dalam menata dan memajukan pariwisata Bali serta sektor pertanian dan industri kecil.

Hadirnya Peraturan Gubernur Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali merupakan salah satu wujud dukungan pemerintah terhadap sektor pertanian dan industri kecil.

Baca: Tingkatkan Kemampuan Personel Jelang Pemilu 2019, Polres Tabanan Gelar Simulasi Sispam Kota

Baca: Jelang Pemilu, Polres Badung Gelar Simulasi Sispamkota,Yudith: Personel Harus Mahir, Tidak Ragu-Ragu

Tujuannya agar pariwisata bisa terkoneksi dengan pertanian dan industri kecil tersebut.

Untuk itu, Dewa Indra berharap semua pihak baik pelaku pariwisata, pemerintah maupun masyarakat bergandengan tangan dan berkomitmen memajukan ekonomi lokal.

Terkait pelaksanan Rakerda ASITA, Dewa Indra berharap agar semua program yang disusun dan ditetapkan bisa dievaluasi kelemahannya dan menyusun program ke depannya yang disesuaikan dengan tantangan dan dinamika pariwisata. (*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved