WIKI BALI

TRIBUN WIKI - Inilah 5 Macam Tarian Tradisional Khas Bali yang Populer

Berikut Tribun Bali sajikan 5 macam tarian khas Bali yang populer dan memikat banyak wisatawan asing dan lokal untuk berwisata di Bali.

TRIBUN WIKI - Inilah 5 Macam Tarian Tradisional Khas Bali yang Populer
TRIBUN/TAUFAN WIJAYA
Pertunjukan tari kecak di Uluwatu, Bali, Kamis (6/6/2013). Tari kecak yang dimainkan tiap hari di pura ini bisa menyedot hampir seribu penonton. 

Laporan Wartawan Tribun Bali - Rino Gale

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Bali atau Pulau Dewata memang terkenal akan panorama alam yang indah.

Namun, tidak hanya panorma alamnya saja yang terkenal hingga mancanegara, melainkan Bali juga memperkenalkan seni dan budayanya termasuk tarian-tarian yang menjadi daya tarik wisatawan.

Berikut Tribun Bali sajikan 5 macam tarian khas Bali yang populer dan memikat banyak wisatawan asing dan lokal untuk berwisata di Bali.

1. Tari Barong

Tari Barong
Tari Barong (Istimewa)

Tarian ini menceritakan tentang perseteruan antara kebijakan yang disimbolkan dengan barong dan kejahatan yang simbolkan oleh sosok rangda.

Tarian Barong ini dilakukan oleh dua laki-laki. Yang satu memainkan bagian kepala dan satunya lagi berada di bagian ekor Barong.

Pada umumnya, badan barong terbuat dari bahan kulit dan berhiaskan ukiran khas Bali. Bulunya terbuat dari serat ijuk dan ada pula dari bulu burung gagak.

2. Tari Pendet

Tari pendet massal memeriahkan pembukaan Legian Beach Festival di Pantai Kuta, Badung, Jumat  (26/8/2016).
Tari pendet massal memeriahkan pembukaan Legian Beach Festival di Pantai Kuta, Badung, Jumat (26/8/2016). (Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa)

Tari Pendet bisa disebut sebagai bentuk penyambutan atas turunnya dewa ke dunia. Seiring jalanya waktu, para seniman di Bali mengubahnya menjadi sebuah tarian selamat datang.

Baca: Lomba Ogoh-ogoh Tingkatkan Kekompakan Sekaa Truna & Lestarikan Tradisi Leluhur

Baca: Makna Dan Kesakralan Tarian Legong Lasem Hingga Peserta Kerauhan di Depan Puri Agung Denpasar

Halaman
12
Penulis: Rino Gale
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved