Waspada, Aksi Penembakan Brutal di Selandia Baru Disebut Bakal Buat Teroris di Indonesia Bereaksi

Waspada, Aksi Penembakan Brutal di Selandia Baru Disebut Bakal Buat Teroris di Indonesia Bereaksi

Waspada, Aksi Penembakan Brutal di Selandia Baru Disebut Bakal Buat Teroris di Indonesia Bereaksi
KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI via Tribun Jogja
Ilustrasi: Petugas Densus 88 tengah berjaga di sekitar rumah terduga teroris di Kawasan Perumahan Kunciran Indah, Pinang, Tangerang, Banten, Rabu (16/05/2018). Sejumlah barang bukti dan tiga orang terduga teroris telah diamankan tim Densus 88 Antiteror Polri.  

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Penembakan terhadap puluhan jemaah masjid yang sedang melakukan salat Jumat di masjid Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019) dinilai bisa membangunkan sel-sel teroris tidur yang ada di Indonesia.

Pengamat terorisme Al Chaidar mengatakan sel teroris yang ada di Indonesia akan bereaksi atas penembakan di Selandia Baru.

Chaidar melihat jaringan atau kelompok yang berafiliasi dengan ISIS akan tetap fokus menyerang lawannya yakni aparat penegak hukum.

"Iya, (penembakan) ini efek berantai yang pasti ada reaksinya. Pasti akan bereaksi semuanya (sel tidur di Indonesia,-red). Tapi ISIS akan tetap dengan agenda anti thoghutnya yang biasa, yaitu menyerang polisi," ujar Al Chaidar, ketika dihubungi Tribunnews.com, Jumat (15/3/2019).

Al Chaidar mengatakan aksi terorisme yang dilakukan pria dengan senjata api laras panjang di selandia Baru tidak lepas dari ISIS.

Menurutnya cara-cara atau aksi terorisme di Selandia Baru serupa dengan cara-cara yang dilakukan ISIS.

Di sisi lain, ia turut menyinggung efek lebih jauh terkait penembakan di Selandia Baru, yakni ketakutan akan Islam atau Islamophobia.

Apalagi hingga saat ini, kata Al Chaidar , sudut pandang di masyarakat mengidentikkan aksi teroris dengan Islam.

"Penembakan oleh teroris di Christchurch ini pun akibat dari cara-cara ISIS yang menimbulkan Islamophobia," kata dia.

Diketahui telah terjadi insiden penembakan yang terjadi di dua masjid, Masjid Al Noor dan Linwood di Christchurch, Selandia Baru, pada hari Jumat, 15 Maret 2019, pukul 13:40 waktu setempat.

Halaman
1234
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved