Smart Woman

Berbagi Pemikiran Lewat Tulisan, Cyntha Hariadi Rekam Potret Keluarga

Penulis kelahiran Tangerang, Cyntha Hariadi mengangkat tema keluarga melalui karya berupa puisi, cerpen, maupun novel.

Berbagi Pemikiran Lewat Tulisan, Cyntha Hariadi Rekam Potret Keluarga
Dok. Cyntha Hariadi
Penulis kelahiran Tangerang, Cyntha Hariadi. 

TRIBUN-BALI.COM - Kisah tentang keluarga barangkali sudah lumrah dituangkan dalam karya, baik berupa puisi, cerpen, maupun novel. Penulis kelahiran Tangerang, Cyntha Hariadi pun mengangkat tema serupa.

Menurut Cyhtha, tema keluarga adalah sesuatu yang menarik. Ada banyak persoalan yang berangkat dari kehidupan di suatu rumah.

Satu tema besar ini pun menjadi ruh dari dua buku yang sudah ia terbitkan, kumpulan puisi Ibu Mendulang Anak Berlari dan kumpulan cerpen Manifesto Flora.

“Saya mengangkat tema keluarga bukan semata karena saya suka, namun lebih karena penting. Semua hal yang dialami tokoh tidak lepas dari bagaimana mereka dibesarkan oleh keluarganya,” ungkap Cyntha.

Untuk menyampaikan pemikirannya, Cyntha pun memiliki gaya menulis tersendiri. Ia sengaja memilih kata-kata yang sederhana, namun dirangkai membentuk makna dalam.

Cyntha pun berusaha menggambarkan potret keluarga yang jujur.

“Jujur dalam arti, kejadian di lingkup keluarga tak selalu menyenangkan. Dalam lingkup keluarga tak hanya ada kasih sayang, namun juga perasaan negatif misalnya marah, iri, dan sebagainya. Konflik inilah yang saya ingin munculkan,” tutur Juara III Sayembara Manuskrip Buku Puisi Dewan Kesenian Jakarta 2015 ini.

Sebagai penulis, Cyntha menganggap kehidupan keluarga sangat kompleks. Sayang sekali apabila hal ini hanya dilihat dari satu sudut pandang.

Cyntha Hariadi mulai mengembangkan diri pada bidang tulis-menulis selepas lulus kuliah sarjana. Wanita alumni FISIP Universitas Katolik Parahyangan, Bandung ini memilih karier sebagai jurnalis. Ia menulis untuk koran dan majalah.

Menulis puisi dan cerpen ia lakukan sebagai selingan di tengah rutinitas hariannya.

Halaman
12
Penulis: Ni Putu Diah paramitha ganeshwari
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved