Tukad Bindu Kini Miliki PLTHM Berkapasitas 7.500 Watt

Kini Tukad Bindu dilengkapi wahana edukasi Energi Baru Terbarukan (EBT) berupa Pembangkit Listrik Tenaga Hidro Mikro (PLTHM)

Tukad Bindu Kini Miliki PLTHM Berkapasitas 7.500 Watt
Tribun Bali/I Putu Supartika
Tukad Bindu. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Setelah sebelumnya memiliki Laboratorium Pertanian atas kerja sama dengan Universitas Mahasaraswati Denpasar, kini Tukad Bindu dilengkapi wahana edukasi Energi Baru Terbarukan (EBT) berupa Pembangkit Listrik Tenaga Hidro Mikro (PLTHM).

PLTHM ini diresmikan bertepatan dengan HUT ke-2 Tukad Bindu, Sabtu (23/3/2019).

Pembina Yayasan Tukad Bindu, IB Rai Adnyana menjelaskan bahwa Tukad Bindu Tukad Bindu tidak hanya menjadi sebuah destinasi wisata baru perkotaan, melainkan dapat menjadi kawasan terpadu untuk mendukung sektor pendidikan dan penelitian.

"Kawasan Tukad Bindu ke depan diharapkan dapat menjadi kawasan terpadu dalam mendukung kemajuan dunia pendidikan, khususnya laboratorium penelitian," kata Adnyana.

Baca: Patung Putri Duyung Pakai Kemben Viral di Medsos, Ini Penjelasan Managemen

Baca: Ruang Kreatif Baru Denpasar, Hub Project Bantu Dukung Geliat Ekraf

Ia mengatakan PLTHM ini merupakan hasil kerja sama antara Yayasan Tukad Bindu dengan Politeknik Negeri Bali dalam pengembangan dunia pendidikan.

PLTHM ini diberi nama HENI Mikro, yang merupakan singkatan dari Harmoni Energi Nusantara Indonesia sebagai implementasi dari konsep pembangunan berbasis Tri Hita Karana.

"Untuk selanjutnya ke depan akan dijadikan Laboratorium Lapangan bagi mahasiswa Polikteknik Negeri Bali dan menjadi PLTHM pertama di Denpasar," katanya.

Adapun PLTHM dengan satu unit kincir angin yang dikerjakan oleh tenaga lokal Bali ini merupakan sebuah inovasi guna mendukung pengembangan Ekonomi Baru Terbarukan (EBT) yang merupakan program pemerintah pusat.

Baca: Sanggar Menggambar Colony Ajak Peserta Menggambar dan Mewarnai di Atas Baju Kaos

Baca: VIDEO! Guru Hanya Pasrah Dibully Siswanya, Disawer, Joget, Buka Seragam, hingga Naik di Atas Meja

Kapasitas mencapai 7.500 Watt atau setara dengan 7,5 KVA ini dan sudah melebihi kebutuhan di kawasan Tukad Bindu.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved