Kisah Taufik Bocah Tunarungu yang Selamatkan Turis Malaysia dari Longsor Lombok, Dikenal Murah Hati

Taufik (12) sosok bocah yang terlahir dengan kondisi keterbatasan fisik, tak menyurutkan sikap mulianya untuk berbuat kebaikan.

Kisah Taufik Bocah Tunarungu yang Selamatkan Turis Malaysia dari Longsor Lombok, Dikenal Murah Hati
KOMPAS. Com/Fitri Rachmawati
Taufik (kanan), bocah disabilitas penyelamat rombongan turis Malaysia yang menjadi korban longsor di air terjun Tie Kelep, Senaru, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, bersama neneknya. 

TRIBUN-BALI.COM, LOMBOK UTARA - Taufik (12) sosok bocah yang terlahir dengan kondisi keterbatasan fisik, tak menyurutkan sikap mulianya untuk berbuat kebaikan. 

Ya, bocah asal Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi buah bibir setelah ikut membantu turis asal Malaysia yang menjadi korban longsor. 

Meski memiliki keterbatasan sebagai penyandang tunarungu, Taufik (12) senang menjadi seorang pemandu wisata cilik di kawasan wisata air terjun Tiu Kelep, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Hatinya yang luas terbukti pula dengan keberaniannya turut dalam evakuasi 22 turis Malaysia yang menjadi korban longsor di air terjun itu pada Minggu (17/3/2019).

Taufik sama sekali tak bisa mendengar. Begitu pula berbicara. Dia terlahir tanpa daun telinga.

Pada Sabtu (23/3/2019) sore, Taufik baru saja menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB.

Mereka menaiki mobil ambulans untuk diantar pulang ke rumahnya di Desa Senaru.

Setelah Taufik menjadi buah bibir karena turut menyelamatkan para wisatawan Malaysia itu, dia direkomendasikan untuk menjalani operasi telinga agar dia bisa mendengar dan berbicara.

Dia harus menjalani pemeriksaan awal, sebelum pemeriksaan lanjutan lainnya agar proses operasi berjalan baik sebelum tim medis memutuskan apakah dia akan dioperasi di Indonesia atau di Malaysia.

Opsi yang terakhir merupakan bantuan dari pihak Malaysia yang merasa berutang budi.

Halaman
123
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved