Sudiarti Kaget Ada Larva Lalat di Makanan

Permasalahan akibat sampah juga terjadi di Dusun Timrah, Desa Paksebali, Klungkung

Sudiarti Kaget Ada Larva Lalat di Makanan
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Kondisi TPS Kung di Dusun Timbrah, Desa Paksebali yang mengundang serangan lalat yang menyerbu kediaman warga sekitar, Selasa (26/2) 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA- Permasalahan akibat sampah juga terjadi di Dusun Timrah, Desa Paksebali, Klungkung.

Sekitar 20 KK di lokasi itu, diserang lalat pasca keberadaan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Kung di Dusun Timbrah. Bahkan, kondisi ini sudah sangat menganggu aktivitas warga sekitar

Seperti yang diungkapkan Nyoman Sudiarti, warga Dusun Kawan, Desa Paksebali. Kediamannya yang bersebrangan dengan TPS itu, membuat kediamanya dikrumuni lalat sejak awal bulan lalu.

" Bahkan lalat sampai menggrumuni makanan. Lauk pauk, kerap saya lihat ada telur bahkan larva lalat. Saya kaget, sampai saya buang makannya," keluhnya, Selasa (26/3).

Perbekel Paksebali Putu Ariadi menjelaskan, Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Kung di Dusun Timbrah dibangun awal Maret lalu. Kondisi ini sebagai solusi, setelah kegiatan pembuangan sampah tidak bisa lagi dilakukan di TPA Banjar Belahpane, Desa Sidan, Gianyar.

" Tidak semua sampah bisa kami olah di TOSS Paksebali dan TPS3R Paksebali. Hanya satu pickup samlah saja yang bisa kami olah di TOSS Paksebali dan TPS3R Paksebali. Sisanya kami buang di TPS Kung di Dusun Timrah," jelasnya

Sampah itu pun kian menumpuk di TPS, karena pihak desa tidak mampu mengolah dan memilah sampah itu. Seiring waktu, sampah semakin menumpuk dan mengundang lalat. Lantaran serbuan lalat tidak kunjung berhenti, BUMDes Paksebali akhirnya memberikan bantuan berupa alat penyemprot dan cairan pembasmi lalat kepada setiap pekarangan yang terkena dampak serangan lalat ini.

pihaknya berharap agar Pemkab Klungkung bisa memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi tidak hanya Desa Paksebali namun juga desa-desa lain di Klungkung. (Mit)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved