Wapres JK Pastikan Pemerintahan Berjalan Normal Meski Jokowi Sibuk Kampanye di Daerah

Wapres JK Pastikan Pemerintahan Berjalan Normal Meski Jokowi Sibuk Kampanye di Daerah

Wapres JK Pastikan Pemerintahan Berjalan Normal Meski Jokowi Sibuk Kampanye di Daerah
Tribun Bali/Rino Gale
Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla saat ditemui Tribun Bali dalam Acara Simposium 2019 di BNDCC, Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (14/3/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA- Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan pemerintahan berjalan normal meskipun beberapa hari ini Presiden Joko Widodo sibuk berkampanye ke sejumlah daerah.

Ia menambahkan, tugas-tugas pemerintahan sebagian dilimpahkan kepadanya saat Jokowi berkampanye.

"Enggak (ada masalah), karena normal-normal saja. Selama Presiden kalau tidak ada di kota, maka hal-hal yang umum, biasa-biasa itu, biasanya dialihkan ke saya," ujar Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Ia mengaku kerap menghadiri beberapa acara dan memimpin rapat selama Jokowi berkampanye di daerah.

Kalla pun mengatakan, dirinya hanya melanjutkan arahan dari Jokowi kepada para menterinya dan tidak membuat kebijakan baru di luar yang sudah ditetapkan bersama dalam rapat kabinet.

Menurut aturan, Kalla hanya diperbolehkan memutuskan hal teknis terkait operasional kebijakan yang telah dibahas dalam rapat kabinet.

Dengan demikian tak mengubah kewenangan Jokowi selaku kepala negara sekaligus pemerintahan.

"Kalau tugas-tugas bisa dialihkan, sementara ini kan semua acara-acara saya yang hadiri. Tapi kewenangan tentu di Indonesia ini tidak bisa dialihkan kalau seperti itu (kepada saya)," ujar Kalla.

"Jadi, tugas-tugas di Jakarta, ibu kota ini harus saya jalani, termasuk juga rapat-rapat, banyak hal yang saya tangani selama beliau aktif berkampanye. Ini bukan transisi kok, cuma tiga minggu. Tapi tugas-tugas itu dialihkan semua," lanjut dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wapres Jamin Pemerintahan Berjalan Normal meski Presiden Sibuk Kampanye"

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved