Saluran Irigasi Subak Akah Klungkung Tergerus Longsor, 12 Ha Kekeringan Sejak 6 Bulan

Sudah enam bulan saluran irigasi itu jebol sehingga tidak dapat mengairi lahan pertanian warga. Setidaknya 12 hektare lahan pertanian kekeringan

Saluran Irigasi Subak Akah Klungkung Tergerus Longsor, 12 Ha Kekeringan Sejak 6 Bulan
Istimewa
Para petani di Subak Akah menunjukkan saluran irigasi yang longsor, Rabu (27/3/2019). Longsor berdampak pada kekeringan lahan pertanian seluas 12 hektare sejak enam bulan lalu. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Kelian Subak Akah, I Wayan Sukra menunjukkan saluran irigasi di Subak Akah, Tempek Pekarangan, Desa Akah, Klungkung, Rabu (27/3/2019).

Sudah enam bulan saluran irigasi itu jebol sehingga tidak dapat mengairi lahan pertanian warga. Setidaknya 12 hektare lahan pertanian kekeringan.

Para petani tidak bisa menanam padi di lahan mereka. Wayan Sukra mengungkapkan, saluran irigasi tersebut jebol September 2018 lalu sekitar pukul 21.00 Wita.

"Panjangnya 40 meter longsor bersama tebing akibat diguyur hujan lebat. Sudah enam bulan jebol," kata Sukra.

Hal ini juga membuat areal pertanian warga Tempek Pekarangan sama sekali tidak mendapatkan suplai air sejak enam bulan lalu.

Sekitar 12 hektare lahan pertanian warga tidak bisa ditanami padi dan terpaksa hanya ditanam palawija.

Jika terus seperti ini, warga khawatir tanah pertanian mereka tidak produktif lagi. Selain itu beberapa petani juga terpaksa beralih pekerjaan dengan beternak dan menjadi buruh bangunan.

"Semoga ke depan pemerintah bisa mengkaji lebih lenjut agar saluran irigasi subak ini bisa kembali beroperasi,” harapnya.

Kepala Dinas Pertanian Klungkung, Ida Bagus Juanida mengungkapkan, saliran irigasi yang jebol di Subak Akah itu awalnya posisinya menempel di tebing. Saat longsor saluran irigasi itu ikut tergerus.

"Sebenarnya dua tahun lalu sudah sempat jebol juga saluran irigasi ini dan kami sudah usulkan. Namun karena posisinya seperti itu, jadi cukup sulit," ujar Juanida.

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved