Penyelundupan Komodo Hingga Eksploitasi Video Clip Menjadi Alasan Penutupan Pulau Komodo Pada 2020

Kasus terkait lengahnya pengawasan dan kendali Taman Nasional Komodo ini bukan yang pertama kali terjadi di Taman Nasional ini.

Penyelundupan Komodo Hingga Eksploitasi Video Clip  Menjadi Alasan Penutupan Pulau Komodo Pada 2020
bookmundi.com
Taman Nasional Komodo Ditutup. 

TRIBUN-BALI.COM - Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) berencana untuk menutup total Taman Nasional Pulau Komodo pada tahun 2020 mendatang.

Dilansir Tribun Travel dari Pos Kupang, Gubernur NTT melalui Kepala Biro Humas Setda NTT, Marius Ardu Jelamu, penutupan Pulau Komodo ini bertujuan untuk kepentingan konservasi.

Tidak hanya itu, Marius Ardu Jelamu mengungkapkan bahwa rencana penutupan Pulau Komodo itu juga sebagai respons adanya kasus penyelundupan 41 ekor komodo ke luar negeri.

Hingga saat ini, kasus penyeludupan komodo masih ditangani Polda (Polisi Daerah) Jawa Timur.

"Kita sudah rapat bahwa per Januari 2020, kita menutup Pulau Komodo untuk dilakukan konservasi Pulau komodo itu. Supaya kita menambah pasokkan rantai makanan, mengelola, dan meneliti hewan itu," kata Marius, Kamis (28/3/2019).

Ada kasus penyelundupan komodo, katanya, otoritas pengawasan harus secepatnya diserahkan kepada pemerintah provinsi NTT agar rentang kendali penanganan menjadi terkontrol.

"Otoritas kendali segera diserahkan kepada Pemprov NTT supaya rentang kendali tidak terlalu jauh. Ketika pemprov diberikan wewenang, bisa mempermudah ruang gerak kita mengontrol seluruh pergerakan Komodo," ujarnya.

Dikatakan bahwa pengawasan terhadap Komodo, saat ini, harus luar biasa.

Kasus terkait lengahnya pengawasan dan kendali Taman Nasional Komodo ini bukan yang pertama kali terjadi di Taman Nasional ini.

Ada beberapa beberapa rentetan kejadian yang telah terjadi beberapa tahun belakangan seperti terbakarnya Pulau Gili lawa, kemudian ratusan ekor rusa yang diburu pemburu liar.

Halaman
12
Editor: Eviera Paramita Sandi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved