Detik-detik Jelang Earth Hour 2019 Serentak di Bali & Indonesia, Begini Maksud & Tujuan Kampanye

Earth Hour adalah sebuah gerakan kampanye global yang mengajak seluruh masyarakat dari berbagai kalangan untuk peduli pada isu perubahan iklim

Detik-detik Jelang Earth Hour 2019 Serentak di Bali & Indonesia, Begini Maksud & Tujuan Kampanye
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Detik-detik jelang Earth Hours serentak, di Bali peringatan dilakukan di beberapa tempat, Sabtu (30/3/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Earth Hour adalah sebuah gerakan kampanye global yang mengajak seluruh masyarakat dari berbagai kalangan untuk peduli pada isu perubahan iklim dan mulai untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

Tahun ini Earth Hour mengambil tema #Connect2Earth yang salah satu acaranya adalah switch offberlangsung sekali dalam setahun.

 
Bertujuan mengajak individu, komunitas, media massa, praktisi bisnis, dan pemerintah untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak sedang dipakai selama satu jam sebagai simbol kepedulian dan komitmen untuk penurunan laju perubahan iklim.

 
Karen Septyan, perwakilan dari Komunitas Earth Hour Bali menyampaikan ucapan terimakasih untuk Pemerintah Provinsi Bali yang mendukung kampanye global ini.

“Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih karena berkat Adanya dukungan secara langsung dari Pemerintah Provinsi Bali melalui surat edaran Gubernur Bali No.276 Tahun 2019 tentang Earth Hour Indonesia, meningkatkan kapasitas kampanye Earth Hour Bali untuk mengajak sektor-sektor turut berperan dalam aksi nyata pada lingkungannya,” ungkap Karen.

 
Earth Hour 2019 diselenggarakan serentak di sejumlah kota di Indonesia pada tanggal 30 Maret 2019 pukul 20.30 - 21.30 waktu setempat. 

Saat ini beberapa sektor yang mengikuti kampanye Earth Hour mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, seperti sektor transportasi dan perhubungan melalui Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ngurah Rai kembali mengikuti kampanye ini. (*)

Selebihnya sektor bisnis seperti Hotel, Resort dan juga Mall/Retailer beserta pengelola Kawasan ITDC (Indonesia Tourism Development Centre), Nusa Dua Bali yang mendukung penuh kegiatan Earth Hour Bali.

Sehingga total sektor yang mengikuti kampanye ini adalah 70 yang tersebar baik dari sektor bisnis, mall/retailer serta transportasi dan perhubungan.

Sejalan dengan aksi yang akan dilakukan oleh seluruh partisipan, Earth Hour dengan logonya “60+” akan melakukan  aksi ‘Switch Off’ selama satu jam secara bersamaan untuk mendukung kampanye penghematan energi  beserta aksi ‘+’ lainnya.

Dimana maksud aksi ‘+’ untuk pelestarian keanekaragaman hayati melalui aksi-aksi lingkugan lainnya yang dapat diterapkan sebagai gaya hidup dalam sehari-hari. 

Melalui kegiatan Earth Hour tahun ini, diharapkan dapat menggerakkan lebih banyak pihak untuk melakukan aksi nyata dalam kehidupan sehari-hari demi menjaga keberlangsungan bumi dan keberlanjutan sumber daya alam, dan bukan sekedar seremonial sesaat.(*)


Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved