Earth Hour 2019, 80 Tempat di Bali Padamkan Lampu

Sekitar 40 hotel dan resort yang berada di dalam kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Nusa Dua, Badung, memadamkan lampu

Earth Hour 2019, 80 Tempat di Bali Padamkan Lampu
Tribun Bali/Rizal Fanany
Peserta Earth Hour Bali menyalakan lilin dalam kegiatan yang bertajuk #connect2earth di denpan Patung Mandala kawasan ITDC, Nusa Dua, Sabtu (30/3/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG – Sekitar 40 hotel dan resort yang berada di dalam kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Nusa Dua, Badung, memadamkan lampu dan mengurangi pemakaian listrik saat peringatan aksi Earth Hour 2019 pada Sabtu (30/3) pukul 20.30 sampai dengan 21.30 Wita.

"Semua penerangan hotel di kawasan yang kami kelola dimatikan, kecuali kamar yang sedang dihuni tamu," ujar Managing Director ITDC Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita, di Badung, Sabtu (30/3).

Selain itu, seluruh penerangan yang ada di dalam kawasan ITDC seperti lampu penerangan jalan juga ikut dipadamkan selama satu jam.

"Tapi kawasan kami tetap buka seperti biasa, pengendara bisa lewat dan tidak ada pengurangan layanan yang kami lakukan," katanya.

Ia menjelaskan hal itu dilakukan manajemen sebagai salah satu wujud kepedulian mereka terhadap alam dan lingkungan.

"Rangkaian Earth Hour 2019 tidak hanya kami lakukan dengan simbolis pemadaman lampu. Tapi sudah kami lakukan sekitar dua bulan yang lalu dengan berbagai kegiatan seperti aksi bersih sampah dan harapannya setelah seremonial nanti kami dapat terus melakukannya," ujarnya.

Gerakan Earth Hour 2019 dengan memadamkan lampu ini dilakukan secara serentak, yang tersambung di beberapa tempat di Indonesia.

Di Bali, peringatan Earth Hour 2019 dipusatkan di kawasan Tugu Mandala, ITDC Nusa Dua, Badung, dengan berbagai kegiatan yang telah disiapkan.

Di sana, usai sambutan-sambutan, sekitar pukul 20.30 WITA, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dan I Gusti Ngurah Ardita menuju panggung dan memencet tombol tanda dimulainya pemadaman lampu di kawasan ITDC.

Saat dimulainya pemadaman lampu, para peserta dan pengunjung ikut berpartisipasi menyalakan lilin dan diletakkan di tanah sehingga membentuk gambar 60+. Diiringi tampilan musik yang merdu dari artis lokal Bali, suasana di kawasan ITDC walau gelap tetap menyenangkan.

Halaman
123
Penulis: Rino Gale
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved