Guru Besar Unud Prof Tuti Parwati: di Dunia Baru 2 Orang yang Sembuh dari HIV

Guru Besar FK Universitas Udayana, Prof Tuti Parwati mengungkapkan, virus HIV yang diderita bisa diobati sejak awal sebelum beralih menjadi AIDS.

Guru Besar Unud Prof Tuti Parwati: di Dunia Baru 2 Orang yang Sembuh dari HIV
Tribun Bali/M. Ulul Azmi
Prof Tuti Purwati Diskusi seputar HIV AIDS dalam sesi acara Ngobrol Santai di Kubu Kopi, Denpasar, Minggu (31/3/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Guru Besar FK Universitas Udayana, Prof Tuti Parwati mengungkapkan, virus HIV yang diderita bisa diobati sejak awal sebelum beralih menjadi AIDS.

Kata dia, di dunia, hanya ada dua orang yang berhasil sembuh dari virus HIV tersebut. Namun hal itu sangat jarang sekali.

"Saya masih ingat, baru dua orang yang dilaporkan sembuh dari HIV di seluruh dunia. Yang pertama itu dia HIV karena dia hemofilia dan juga leukimia. Pengobatan penyakit itu dilakukan dengan cara sumsum tulangnya dimatikan dulu kemudian dicangkok (ablasi) sumsum yang baru," ujarnya.

"Waktu diablasi itu semuanya mati dan baru ditanam lagi artinya sumber-sumber HIV-nya tidak ada lagi. Kemudian yang ditanam itu merupakan penumbuh stensel yang memang tidak ada HIV jadi sembuh dia."

"Hanya saja itu melalui ablasi dan memang dia memiliki leukimia. Tapi susah memang cari seperti itu," sambung Prof Tuti.

Yang kedua juga dengan cara yang sama, yakni menamakan stensel yang baru tersebut.

"Keduanya di luar negeri, jadi caranya sama itu.

Dengan pencangkokan stensel yang baru. Artinya yang berperan itu dengan pencangkokan stensel itu bukan dengan obat-obatan," jelasnya. 

Seperti dikabarkan sebelumnya, stigma dan diskriminasi publik terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) jadi penghambat utama dalam kerja penanggulangan penyakit menular ini.

Berdasarkan data kumulatif kasus HIV/AIDS dari tahun 1987-2018, jumlah penderita di Bali sudah mencapai 20.471 orang.

Halaman
123
Penulis: Busrah Ardans
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved