Tim Karate Bali Raih Satu Medali Perunggu Kejuaraan Rimbawan Indonesia Karate-Do Championship 2019

Tim Karate Bali berhasil memperoleh satu medali perunggu di Kejuaraan Rimbawan Indonesia Karate-Do Championship 2019

Tim Karate Bali Raih Satu Medali Perunggu Kejuaraan Rimbawan Indonesia Karate-Do Championship 2019
I Nyoman Sumayasa
Atlet karate Bali saat berada di podium Kejuaraan Rimbawan Indonesia Karate-Do Championship 2019. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tim Karate Bali berhasil memperoleh satu medali perunggu di Kejuaraan Rimbawan Indonesia Karate-Do Championship 2019 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, tanggal 27-29 Maret 2019.

Pelatih Karate Bali, I Nyoman Sumayasa menyampaikan bahwa medali perunggu tersebut diperoleh Gede Siahaan Yoginatha pada kategori Kata perorangan putra.

“Kalau dari FORKI Bali kita hanya meraih satu medali perunggu dari Kata Perorangan Putra atas nama Yoginatha,“ ucapnya saat dihubungi Tribun Bali, Senin (1/4/2019).

Ia juga menjelaskan selain atlet tersebut ada juga atlet karate yang berasal dari Bali yang memperoleh medali, namun mewakili perguruannya yaitu PP INKAI, seperti Cok Istri Agung Sanistyarani yang berhasil mendapatkan medali emas, dan Budi Kertiyasa yang berhasil mendapatkan medali perunggu.

Baca: Gara-gara Tolak Belikan Nasi, Nyoman Ayu Ditendang hingga Dicambuk Suami

Baca: 10 Workshop Ini Akan Dilaksanakan Pada PKB 2019, Ada Pembuatan Animasi Energi Terbarukan

Setelah kejuaraan  tersebut selesai, evaluasi telah dilakukan dan Sumayasa berharap untuk ke depannya persiapan atlet dapat lebih matang lagi.

“Evaluasinya ya persiapannya biar bisa lebih matang lagi. Untuk kekurangan pasti ada, seperti dari segi kepelatihan itu harus fokus, dan mungkin memang dari semua daerah itu tidak begitu siap artinya (pemberitahuan) kejuaraan Rimbawan ini kan mendadak, jadi (ke depannya) mungkin persiapan itu yang dibutuhkan lebih lama dikit untuk pertemuan untuk atlet-atlet, maksutnya jadwal kemarin kan paling kumpul seminggu sekali saja, Sabtu sama Minggu, mungkin nanti untuk Pra PON fokus lagi dari segi latihannya lebih banyak untuk persiapan itu,“ katanya.

Sedangkan dari segi teknik ia merasa bahwa para atlet karate Bali yang mengikuti kejuaraan tersebut tidak memiliki masalah.

Ia juga melihat pada kejuaran tersebut para atlet karate Bali memiliki peluang mendapatkan medali namun keberuntungan tidak berpihak pada mereka.

Baca: ABG Dirudapaksa Tiga Kakak Kandungnya di Tempat Suci, Korban Dipaksa Bersumpah Atas Nama Kitab Suci

Baca: Tren Warna Rambut Rainbow Melt, Matrix Indonesia Luncurkan Socolor Cult

“Kalau dari teknik anak-anak itu tidak diragukan, dari segi teknik tidak ada masalah sih, atlet-atlet kita sangat luar biasa buktinya dari kategori Kata perorangan putra kita juara tiga, kategori kata perorangan putri kita juga sampai pada perebutan juara tiga tapi kita kalah, hanya di babak perebutan juara tiga saja kita kalah, baik itu kategori kata beregu maupun kata perorangan putri paling gugurnya di perebutan juara tiga, sebenarnya peluang untuk mendapatkan medali itu ada, cuma mungkin belum beruntung. Kalau di kategori kumite juga sama, kalau dari teknik sih, materi teknik merata lah, hanya keberuntungan belum di pihak kita gitu,” ucapnya.

Walaupun masih jauh dari target yang ingin dicapai namun ia mengapresiasi kerja keras dan perjuangan para atlet karate Bali yang bertanding membela nama Bali pada kejuaraan itu.

Ia juga bersyukur atas medali yang berhasil diperoleh para atlet karate Bali.

“Belum memenuhi target, masih jauh dari target, untuk target belum tercapai, dari pelatih belum tercapai, tapi ya syukurlah kita mendapatkan medali. Kita targetnya sih sebenarnya sebanyak-banyaknya bisa memasukkan atlet-atlet Bali itu ke pelatnas, intinya kemarin target kita itu ingin lebih banyak memasukkan (atlet) ke pelatnas karena ini kan seleknas yang tujuannya kan untuk memasukkan, persiapan untuk kejuaraan karate dalam waktu dekat seperti AKF, SEA Games 2019 di Filipina, target kita seperti itu,” ucapnya.

Para atlet karate Bali yang mengikuti Kejuaraan Rimbawan Indonesia Karate-Do Championship 2019 pun sekarang sudah kembali ke daerahnya masing-masing. (*)

Penulis: Putu Dewi Adi Damayanthi
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved