Hari Pertama UNBK Telat 30 Menit Karena Gagal Login -- Tiga Siswa di Bangli Tak Ikuti Ujian

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 tingkat SMA pada hari pertama sempat diwarnai dengan sedikit gangguan karena gagal login

Hari Pertama UNBK Telat 30 Menit Karena Gagal Login -- Tiga Siswa di Bangli Tak Ikuti Ujian
Tribun Bali/Fredey Mercury
Sejumlah siswa di SMAN 1 Bangli menunggu di depan ruang ujian pada sesi kedua yang dimulai pukul 10.30 hingga 12.30 wita. Senin (1/4/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA pada hari pertama, Senin (1/4/2019) sempat diwarnai dengan sedikit gangguan.

Salah satu komputer yang digunakan peserta ujian, gagal login dan mengalami keterlambatan hingga 30 menit.

Wakasek Bidang Kurikulum SMAN 1 Bangli, I Putu Lianata mengatakan, kendala tersebut diketahui pada pelaksanaan UNBK sesi pertama, yang berlangsung pada pukul 07.30 wita hingga 09.30 wita.

Pada saat itu, salah satu peserta UNBK mengalami kendala login untuk mengerjakan soal karena masalah pada server.

“Ada satu peserta mengalami gangguan lambat login. Teknisi lokal tidak bisa menangani, dan akhirnya mencari teknisi kabupaten (help desk). Setelah berkoordinasi dengan pusat, kendala itu bisa ditangani,” ujarnya.

Diakui Lianata, kendala yang terjadi pada pelaksanaan UNBK hari pertama ini, secara psikologis tentunya berpengaruh terhadap peserta UNBK.

Sebab kendala itu berlangsung sekitar 30 menit. Walau demikian, pihaknya meyakinkan pada siswa bersangkutan agar tetap tenang.

“Kami tetap menenangkan siswa yang bersangkutan. Tidak mungkin sistem ini merugikan siswa. Terlebih karena kesalahan teknis saat berhasil login, ia mendapatkan tambahan waktu selama 30 menit. Sebaliknya jika keterlambatan dari siswa sendiri, seperti terlambat masuk, maka dia tidak mendapatkan tambahan waktu,” jelasnya.

Lianata menyebutkan, jumlah peserta UNBK di SMAN 1 Bangli 346 siswa. Jumlah tersebut dibagi ke dalam tiga sesi yang menempati tiga ruang, dimana masing-masing sesi durasinya selama dua jam.

Sesi pertama, pukul 07.30 wita hingga 09.30 wita, sesi kedua pukul 10.30 wita hingga 12.30 wita, dan sesi ketiga pukul 14.00 wita hingga 16.00 wita.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved