Ini yang Akan Dijalani Liliyana Natsir Setelah Pensiun sebagai Pemain Bulutangkis

Setelah pensiun sebagai pebulu tangkis, Liliyana Natsir, disibukkan dengan berbagai aktivitas, salah satunya bisnis

Ini yang Akan Dijalani Liliyana Natsir Setelah Pensiun sebagai Pemain Bulutangkis
Instagram/natsirliliyana via Grid.ID
Liliyana Natsir. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Setelah pensiun sebagai pebulu tangkis, Liliyana Natsir, disibukkan dengan berbagai aktivitas, salah satunya bisnis.

Namun, dia ternyata juga membuka peluang untuk menuntut ilmu ke perguruan tinggi.

Butet, sapaan akrab Liliyana, memang hanya berijazah sekolah menengah atas (SMA). Setelah lulus sekolah, dia benar-benar mengabdikan diri untuk bulu tangkis Indonesia.

Baca: Ramalan Zodiak Selasa 2 April 2019, Gemini Berhenti Dari Rutinitas, Aquarius Terima Tantangan

Baca: Ancaman Saat Tidur Posisi Terlentang, Dokter Anjurkan Posisi Seperti Ini

Baca: Ini Perubahan yang Dialami Syahrini Setelah Menjadi Istri Reino Barrack

Menurut Butet, kesibukannya saat masih menjadi atlet memang sangat tidak memungkinkan untuk kuliah. Terlebih lagi, dia kerap mengikuti kejuaraan kelas dunia.

"Saya lihat dulu keadaannya nanti. Sekarang kan belum tahu bayangannya seperti apa. Apakah nanti setelah jadi PNS bisa mengatur waktunya atau tidak, apalagi saya juga fokus di bisnis," kata Butet saat ditemui di Kantor Kemenpora RI, Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, hormat kepada bendera saat menyanyikan lagu Indonesia Raya seusai meraih medali emas yang didapat dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 yang berlangsung di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia, Minggu (27/8/2017). BADMINTON PHOTO
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, hormat kepada bendera saat menyanyikan lagu Indonesia Raya seusai meraih medali emas yang didapat dari Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 yang berlangsung di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia, Minggu (27/8/2017). BADMINTON PHOTO (Badminton Photo)

"Namun, kalau misalnya nanti ambil kuliah, jurusan yang saya kepengin adalah bisnis, tetapi kan tidak mudah juga karena terakhir sekolah sudah lama banget. Selama ini kan ketemunya hanya raket dan shuttlecock," tutur dia.

Berdasarkan sudut pandang Butet, seorang atlet bisa saja membagi waktunya antara latihan dan kuliah. Namun, hal itu tidaklah mudah.

"Kalau saya memang harus fokus di bulu tangkis, apalagi dulu saya jadi tumpuan juga saat di ganda campuran," ujar Butet.

"Kalau fokusnya terpecah-pecah (menjadi atlet sekaligus mahasiswa) agak susah. Memang ada saja orang yang telaten, tetapi sebagian besar tidak akan mampu. Misalnya, pagi dan sore kan kami latihan, kemudian hari libur kuliah. Lalu besoknya latihan lagi. Wah, enggak mudah itu," ucapnya.

Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir menyumbangkan emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Rio 2016 dengan mengalahkan pasangan Malaysia Peng Soon Chan dan Liu Ying Goh di partai final dua set langsung, di Rio de Janeiro, Brazil, Rabu (17/8/2016).
Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir menyumbangkan emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Rio 2016 dengan mengalahkan pasangan Malaysia Peng Soon Chan dan Liu Ying Goh di partai final dua set langsung, di Rio de Janeiro, Brazil, Rabu (17/8/2016). (ANTARA/Teguh Handoko)

Butet memutuskan pensiun dari bulu tangkis setelah turnamen Indonesia Masters 2019 yang berlangsung pada Januari lalu.

Ia dikenal sebagai salah satu pebulu tangkis tersukses karena mampu merengkuh berbagai prestasi bergengsi di sektor ganda campuran, di antaranya menjadi juara dunia dan meraih medali emas Olimpiade.

Atas prestasinya itu, Butet juga mendapatkan apresiasi dari pemerintah, salah satunya menjadi CPNS Kemenpora RI yang disahkan pada hari ini. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pensiun dari Bulu Tangkis, Liliyana Natsir Buka Peluang Kuliah

Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved