Simpang Ring Banjar

Karya Agung Pertama dalam Sejarah Desa Pakraman Lebu, Digelar di Tiga Pura Sekaligus

Ia sebelumnya telah meminta petunjuk kepada para pangelingsir (tetua) di desa, dan dalam catatan sejarah karya agung tersebut belum pernah

Karya Agung Pertama dalam Sejarah Desa Pakraman Lebu, Digelar di Tiga Pura Sekaligus
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Krama desa menggelar rangkaian Karya Agung di Pakraman Lebu, Desa Lokasari, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Rabu (3/4/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Sebulan terakhir, merupakan bulan yang istimewa bagi warga Desa Pakraman Lebu, Desa Lokasari, Kecamaran Sidemen, Karangasem, Bali.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah desa, krama pakraman Lebu menggelar karya agung tawur penyegjeg jagat, ngenteg linggih, mupuk pedagingan, dan pedudusan agung.

Karya Agung tersebut tidak hanya digelar di satu pura, namun di tiga pura sekaligus yakni di Pura Dalem, Pura Prajapati, dan Pura Bukit Miasa yang selama ini terkenal dengan keindahannya.

Bendesa Pakraman Lebu, I Wayan Darmanta menjelaskan, karya agung ini baru pertama kali di gelar di desa setempat.

Ia sebelumnya telah meminta petunjuk kepada para pangelingsir (tetua) di desa, dan dalam catatan sejarah karya agung tersebut belum pernah terselenggara.

"Saya sudah berbicara dengan para panglingsir. Minimal 100 tahun ini, belum pernah diadakan karya agung seperti ini. Bahkan dari berdirinya desa, karya agung ini belum pernah digelar sebelumnya karena tidak ada catatan sejarahnya," ujar Darmanta.

Meski tanpa pengalaman sama sekali, ia memberanikan diri untuk tetap menggelar karya agung tersebut.

Setelah disampaikan, rencana digelarnya karya agung ini mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat.

Bahkan masyarakat menyambut karya ini dengan penuh suka cita.

"Krama Pakraman Lebu, selama berbulan-bulan dari pagi hingga malam ngaturang ngayah demi suksesnya karya agung ini. Dari sana, sudah jelas antusiasme dari krama kami dalam menyambut karya agung ini. Tidak ada mengeluh, semua ngayah secara bergotong-royong demi suksesnya yadnya ini," ungkapnya.

Halaman
123
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved