Selain Sirkuit, Infrastruktur Ini Bakal Dibangun Jelang MotoGP 2021 di Lombok

Berbagai persiapan dilakukan jelang ajang kejuaraan dunia MotoGP 2021 di Mandalika

Selain Sirkuit, Infrastruktur Ini Bakal Dibangun Jelang MotoGP 2021 di Lombok
instagram
Pebalap Indonesia, Dimas Ekky Pratama. Live Stremiang HASIL FP1 MotoGP Argentina 2019, Dimas Ekky Ungguli Pebalap Jerman. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Noviana Windri Rahmawati

TRIBUN-BALI, MANGUPURA - Berbagai persiapan dilakukan jelang ajang kejuaraan dunia MotoGP 2021 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mulai dari pembangunan Sirkuit Mandalika yang direncanakan akan dibangun pada bulan September dan Oktober 2019 mendatang.

Juga pembangunan jalan by pass sepanjang 17 kilometer dari Bandara Internasional Lombok menuju Mandalika.

"Pemerintah daerah sudah alokasi tambahan karena jalan by pass yang akan dibangun dari Bandara Internasional Lombok menuju Mandalika itu kan investasi pemerintah pusat,"

Baca: Ini Daftar 20 Pemain Persebaya untuk Menghadapi Madura United di Leg Kedua

Baca: Prasasti Masa Kerajaan Udayana Sampai Jayapangus Beirsi Batas Desa hingga Nama Pejabat

"Investasi tersebut yang nanti akan diserahkan ke pemerintah daerah. By pass sepanjang 17 kilometer itu sekitar 1,2 triliun. Menteri PU sudah menyatakan dukungannya mungkin anggarannya dari tahun ini sampai tahun 2020," ungkap Direktur Kontruksi dan ITDC, Ngurah Wirawan, Jumat (5/4/2019) siang.

Selain itu, pihaknya juga menyebutkan akan dibangun penambahan kapasitas infrastruktur bandara dan pelabuhan berdasarkan dukungan Menteri Perhubungan.

Serta, pembangunan rumah sakit yang layak bagi para pebalap yang akan berlaga di ajang kejuaraan dunia MotoGP 2021, penonton dan masyarakat sekitar berdasarkan dukungan dari Menteri Kesehatan.

Baca: Gubernur Koster Siapkan Konsep Penataan Kawasan Suci Besakih

Baca: Manchester United Akan Lepas Enam Pemain Sekaligus, Siapa Saja Mereka?

"Jadi Presiden, Kementerian dan Lembaga BUMN sudah banyak memberikan dukungan untuk program ini. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dan Provinsi NTB kan tidak cukup anggarannya, jadi memang harus dibantu pusat," tambahnya.

Ajang kejuaraan dunia MotoGP 2021 disebut akan menjadi agenda nasional layaknya Asian Games.

"Jadi sama seperti pernyataan Bapak Presiden. Ini disiapkan layaknya bikin Asian Games, cuma ini untuk balap motor. Penontonnya segitu kira-kira. Jadi akan menjadi agenda nasional," katanya.

Sementara, Tim Dorma, FAM dan Moto Grid dijadwalkan akan berkunjung ke Mandalika untuk meninjau persiapan jelang ajang kejuaraan dunia MotoGP 2021, pada Minggu (7/4/2019).

(*)

Penulis: Noviana Windri
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved