Pangdam IX/Udayana Pimpin 304 Calon Prajurit Tamtama TNI AD dalam Parade Panda Bali

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, selaku Ketua Panitia Daerah Bali memimpin acara sidang parade tingkat Panda Bali Calon Tamtama

Pangdam IX/Udayana Pimpin 304 Calon Prajurit Tamtama TNI AD dalam Parade Panda Bali
Pendam IX/Udayana
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, selaku Ketua Panitia Daerah Bali memimpin acara sidang parade tingkat Panda Bali Calon Tamtama (Cata) PK TNI AD Gelombang I TA. 2019 bertempat di Aula Makodam IX/Udayana, Kamis (4/4/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, selaku Ketua Panitia Daerah Bali memimpin acara sidang parade tingkat Panda Bali Calon Tamtama (Cata) PK TNI AD Gelombang I TA 2019 yang bertempat di Aula Makodam IX/Udayana, Kamis (4/4/2019), lalu.

Dalam sambutannya Pangdam menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan mendapatkan calon prajurit yang berkualitas dan memenuhi seluruh aspek persyaratan yang ditentukan oleh TNI AD.

Lebih jauh dijelaskannya, pimpinan TNI AD berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan cara memilih calon prajurit secara proporsional dan profesional serta transparan.

"Oleh karena itu, para pendaftar yang telah lolos seleksi administrasi, kesehatan dan jasmani harus mengikuti sidang parade ini," jelas Benny.

Ia juga menyebut, pelaksanaan seleksi sangat singkat dan ketat serta menerapkan sistem gugur di setiap tahapan seleksi.

Baca: Kisah Sedih BJ Habibie Sepeninggal Sang Istri, Depresi Hingga Terbit Buku Habibie dan Ainun

Baca: Ditemui di Polda Bali, Dayu Sudikerta : Waktu Diamankan Bapak Tidak Sempat Nelpon

Namun ditegaskannya, tetap mengindahkan norma dan aturan-aturan yang berlaku. Sehingga diharapkan dengan menerapkan sistem seleksi seperti ini akan meminimalisasi terjadinya percaloan oleh oknum dalam perekrutan prajurit, baik yang dilakukan oleh oknum prajurit maupun masyarakat umum yang memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Di sela-sela acara, Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto mengatakan seleksi Pantukhir Daerah (Panda) Bali yang dipimpin Pangdam IX/Udayana, merupakan tahapan akhir tingkat daerah di wilayah Bali dari rangkaian seleksi penerimaan Calon Prajurit Tamtama TNI AD.

Baca: Gubernur Bali Cium Ada Penipuan dengan Menjanjikan Jadi PNS, Korbannya 48 Orang

Baca: Petir Menyambar saat Makan Siang di Sawah, 2 Orang Tewas, 8 Orang Luka-luka

"Tercatat dari 478 orang pendaftar di wilayah Provinsi Bali, diperoleh 304 calon yang memenuhi syarat. Seluruh peserta yang lolos sidang parade nantinya akan menjalani seleksi lanjutan di tingkat pusat oleh Panitia Pusat (Panpus) meliputi seleksi administrasi, akademik, kesehatan, kesemaptaan jasmani, postur dan mental ideologi.

“Alokasi yang disiapkan sebanyak 220 orang yang memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan guna ditempa menjadi Prajurit Tamtama TNI AD sejati yang siap ditempatkan di seluruh wilayah NKRI,” ujar Kapendam.

Hadir pada acara tersebut Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Kaajendam IX/Udayana dan Kakesdam IX/Udayana. (*)

Penulis: Busrah Ardans
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved