Sulit Cari Talent, Komedian Puja Astawa Putuskan Jadi Aktor Dalam Videonya Sendiri

Ia dulunya seorang fotografer, namun awal November 2017 silam mulai menjadi seorang pegiat sosial dengan membuat video-video komedi mengocok perut

Sulit Cari Talent, Komedian Puja Astawa Putuskan Jadi Aktor Dalam Videonya Sendiri
Tribun Bali/Noviana Windri Rahmawati
Komedian Puja Astawa saat berbagi cerita cara membuat konten dan video kepada para generasi millenial dalam acara Kelas Kreatif BUMN di Haris Hotel & Residences Sunset Road, Kuta, Badung, Bali, Jumat (6/4/2019) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Noviana Windri Rahmawati

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Siapa yang tidak kenal dengan komedian, pegiat sosial dan Youtuber Bali, Puja Astawa atau yang terkenal dengan akun instagram Haipuja (@haipuja).

Ia dulunya seorang fotografer, namun awal November 2017 silam mulai menjadi seorang pegiat sosial dengan membuat video-video komedi mengocok perut.

Memulai karier menjadi komedian dari media sosial Facebook, Puja Astawa mulai membagikan video-video komedinya.

Seiring dengan perkembangan zaman, ia mulai mengupload video di Instagram.

"Tidak langsung dikenal, bertahap. 3 bulan setelah saya upload video di Facebook, baru mulai dikenal orang," ucapnya ramah kepada Tribun Bali, Jumat (5/4/2019) lalu.

Baca: Dituduh Terlibat Penganiayaan di Klub Malam Kriss Hatta Dilaporkan Polisi

Baca: Lokasi On Terakhir Smartphone Korban Terlacak, Polisi Kejar Dua Terduga Pelaku Mutilasi

Dibalik kesuksesannya menjadi seorang komedian, pegiat sosial dan Youtuber Bali, ternyata kisah awal ia menjadi aktor di dalam videonya sendiri adalah karena sulitnya mencari aktor untuk video produksinya.

"Saya berawal dari cerita-cerita yang terjadi di lapangan yang ingin saya ceritakan di media sosial karena dulu di media sosial awalnya kan tidak bayar. Jadi saya bikin video dan kontennya lebih kepada edukasi,"

"Kemudian gimana saya menjadi aktor di videonya, karena ya proses produksi susah cari talent saat itu, kemudian akhirnya saya yang terlibat di situ, yang mengambil produksinya juga saya sendiri," ungkapnya.

Komedian yang juga satu manajemen dengan Sule ini, kini mempunyai 147 ribu subscriber di YouTube dengan 211 video.

Baca: Suarjana Bawa Kabur Rp 63 Juta, Modal Dokumen Palsu Tega Tipu Petani untuk Berjudi

Baca: Fenomena Unik, Ilmuwan di Australia Saksikan Kadal Bertelur dan Melahirkan Sekaligus

Selain karena susah mencari talent, alasan lain karena orang yang ia tawari selalu menanyakan berapa bayaran yang akan mereka terima.

"Saat saya tanya orang mau atau tidak menjadi talent saya di video, mereka selalu bilang uang berapa atau dibayar berapa. Padahal saat itu saya tidak dapat income dari proses produksi yang akhirnya saya lempar ke Facebook dan Instagram. Karena susahnya cari talent akhirnya saya terlibat langsung. Artinya saya ikut main di video saya sendiri," tambahnya.

Proses lama dan ribet membuatnya memutuskan untuk bermain, rekam dan edit sendiri.

Saat ini, dari YouTube, ia menyebutkan bisa mendapat Rp 4-10 juta/bulan bergantung jumlah viewers.

"Kalau saat ini ngomong uang bukan segalanya jadi bohong banget saat ini, tapi saat ini saya lebih memilih banyak yang tahu dan lebih banyak dikenal," katanya.(*)

Penulis: Noviana Windri
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved