Ciptakan Tenaga Kerja Berkualitas, LSP-LPK PPKIP Jaya Wisata Gelar Uji Kompetensi

LSP-LPK PPKIP (Pusat Pendidikan Ketrampilan Industri Pariwisata) Jaya Wisata menggelar uji kompetensi bidang perhotelan

Ciptakan Tenaga Kerja Berkualitas, LSP-LPK PPKIP Jaya Wisata Gelar Uji Kompetensi
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
LSP-LPK PPKIP (Pusat Pendidikan Ketrampilan Industri Pariwisata) Jaya Wisata menggelar uji kompetensi bidang perhotelan terhadap siswa-siswi kelas XII di SMK Pariwisata Yaparindo, Klungkung. Kegiatan ini resmi dibuka, Senin (8/4) hingga Jumat (12/4) 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - LSP-LPK PPKIP (Pusat Pendidikan Ketrampilan Industri Pariwisata) Jaya Wisata menggelar uji kompetensi bidang perhotelan terhadap siswa-siswi kelas XII di SMK Pariwisata Yaparindo, Klungkung.

Kegiatan ini resmi dibuka, Senin (8/4/2019) hingga Jumat (12/4/2019)

Direktur LSP-LPK PPKIP Jaya Wisata Denpasar I Putu Gede Panca Wasidipa menjelaskan, uji kompetensi tersebut merupakan bantuan dari Kementrian Pariwisata kepada siswa dan siswi SMK.

Pelatihan ini digelar rutin setiap tahunnya, untuk siswa SMK Pariwisata, khsusunya bidang Akomodasi Perhotelan (housekeeping and front office).

"Sesuai dengan regulasi Kementrian Tenaga Kerja, jika siswa SMK harus memiliki dua sertifikat, yakni ijazah kelulusan dan sertifikat kompetensi. Jadi setiap siswa akan lulus, pasti digelar uji kompetensi," ujar Putu Gede Panca Wasidipa.

Baca: Fakta-fakta Terbaru Pengungkapan Kasus Guru Honorer yang Tewas Dimutilasi

Baca: 3 ODGJ Diamankan dalam 3 Bulan Terakhir, Camat Kutsel Bentuk Tim Terpadu untuk Antisipasi Gangguan

Uji Kompetensi ini diharapkan mampu meningkatkan mutu tenaga kerja, dan relevan dengan revolusi industri ke-4, yang menuntut untuk dapat bersaing di pasar global.

"Kalau kita lihat saat ini, memang lulusan sekolah ataupun perguruan tinggi pariwisata serta perhotelan di Bali masih menjadi barometer. Dengan demikian harus terus berusaha meningkatkan kualitas tenaga kerja, khususnya di bidang perhotelan," jelas Panca Wasidipa yang juga selaku pengelola LPK Jaya Wisata Internasional Hotel School (JWIHS).

Sementara Kepala Sekolah SMK Yaparindo Maria Erna Dwi Suhartini menjelaskan, uji kompetensi ini untuk mengukur seberapa jauh siswa-siswi memiliki kompetensi di bidang keahliannya masing-masing.

"Kami harapkan ke depannya lulusan kami mampu terserap di dunia insustri, dan mampu bersaing di perguruan tinggi. Termasuk ketrampilan mereka, untuk mampu membuka lapangan pekerjaan," harapnya.

Baca: Kekerasan Seksual juga Terjadi di Bali, Apa Saja yang Termasuk dalam Kekerasan Seksual?

Baca: Daya Tampung SD Negeri di Denpasar Tahun 2019 Hanya Mencapai 10 Ribu Siswa

Secara keseluruhan di SMK Pariwisata Yaparindo, jumlah siswa kelas XII yang mengikuti uji kompetensi tersebut berjumlah 339 siswa.

Terdiri atas siswa Akomodasi Perhotelan sebanyak 107 orang, dan diselenggarakan oleh LPK Jaya Wisata.

Siswa Jasa Boga terdiri dari 206 orang, siswa tata kecantikan berjumlah 12 orang. Serta usaha perjalanan periwisata berjumlah 14 orang. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved