Bupati Suwirta Buka Musrenbang RPJMD Klungkung 2018-2023

Pelaksanaan Musrenbang RPJMD Kabupaten Klungkung Tahun 2018-2023 akan menjadi pijakan untuk melaksanakan pembangunan di Kabupaten Klungkung

Bupati Suwirta Buka Musrenbang RPJMD Klungkung 2018-2023
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Klungkung Tahun 2018-2023. Musrenbang dibuka ditandai dengan pemukulan gong di ruang rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Rabu (10/4/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Klungkung Tahun 2018-2023.

Musrenbang dibuka ditandai dengan pemukulan gong di ruang rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Rabu (10/4/2019).

Bupati Suwirta menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang RPJMD Kabupaten Klungkung Tahun 2018-2023 sepatutnya menjadi perhatian bersama, karena akan menjadi pijakan untuk melaksanakan pembangunan di Kabupaten Klungkung dalam masa jabatannya.

RPJMD yang segera akan ditetapkan merupakan penjabaran visi misi yakni terwujudnya Klungkung yang unggul dan sejahtera dengan lima (5) misinya yang disebut Panca Santi.

Misi ini selanjutnya dijabarkan dalam 71 program prioritas.

Beberapa di antaranya terkait bantuan stimulan pelaksanaan ngaben massal, penuntasan rumah tidak layak huni melalui bedah rumah dan rehab rumah.

Baca: Evaluasi Diri Usai Uji Coba, Miftahul Hamdi Perbaiki Stamina Sebelum Kick Off Liga 1 Indonesia 2019

Baca: Netizen Kembali Mengecam Neymar Soal Kunjungannya ke Israel

Pelatihan kewirausahaan dan pengiriman tenaga kerja dari masyarakat berpenghasilan rendah ke luar negeri, pembangunan mal pelayanan publik, pengembangan pertanian organik dan pemanfaatan pekarangan melalui pertanian hidroponik.

Program lainnya yakni perbaikan Puskesmas dan Pustu, mengembangkan angkutan siswa gratis di seluruh kecamatan, mengembangkan eks kawasan galian c sebagai kawasan pariwisata terpadu terbesar di Bali, melaksanakan festival di empat kecamatan dan mengembangkan produksi garam beryodium.

Ada pula program tentang pelayanan perizinan online, meningkatkan PAD, pengembangan pelabuhan segitiga emas serta optimallisasi pengelolaan sampah melalui program TOSS.

Untuk mencapai target pembangunan tersebut, Bupati berharap keterlibatan dan perhatian semua pihak melakukan pembahasan serius dan mendalam dalam merumuskan strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah.

“Saya berharap ini menjadi perhatian semua pihak sehingga mampu menghasilkan pembangunan daerah yang menjadi landasan kuat pencapaian target pembangunan daerah jangka menengah,” ujar Bupati Suwirta.

Baca: Bek Manchester United Chris Smalling Menikmati Pertandingan Melawan Lionel Messi Cs Malam Ini

Baca: Sekali Kencan Dapat Rp 50 Ribu, PSK Jalan Bung Tomo Denpasar Didenda Rp 300 Ribu

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Klungkung, I Wayan Wasta menyebutkan RPJMD dimaksud akan dijadikan pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Renstra Perangkat Daerah, dimana setiap proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan tersebut diperlukan koordinasi antara instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pemangku kepentingan pembangunan.

“Semoga Musrenbang ini dapat mengakomodasi berbagi kepentingan dan kebutuhan masyarakat secara luas dalam mewujudkan cita-cita masyarakat Klungkung,” ujarnya.

Pembukaan Musrenbang RPJMD Klungkung 2018-2023 dihadiri Wakil Ketua DPRD Klungkung, Nengah Arianta, Kepala Bappedalitbang Provinsi, I Wayan Wiasthana Ika Putra, Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra bersama segenap jajaran OPD Pemkab Klungkung dan undangan lainnya.

Musrenbang dilaksanakan selama dua hari hingga Kamis (11/4/2019).  (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved