Marak Kasus Skimming Libatkan WN Bulgaria, Polda Bali Kerja Sama dengan Imigrasi Perketat Pengawasan

Operasi Sikat Agung dilakukan dalam rangka cipta kondisi menuju masa tenang, hari pencoblosan, dan pasca pencoblosan Pemilu 2019

Marak Kasus Skimming Libatkan WN Bulgaria, Polda Bali Kerja Sama dengan Imigrasi Perketat Pengawasan
Tribun Bali/Busrah Ardans
WNA Bulgaria terlibat kasus skimming dan beberapa tersangka curas, curat dan curanmor yang diperlihatkan Ditreskrimum Polda Bali dalam Konferensi Pers Operasi Sikat Agung 2019, Jumat (12/4/2019) pagi tadi. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Busrah Ardans

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ditreskrimum Polda Bali berhasil menggelar Operasi Sikat Agung selama 16 hari, sejak 27 Maret hingga 12 April 2019, hari ini.

Adapun tujuan Operasi Sikat Agung yakni memberantas curanmor, curas, dan curat.

Selain itu, Operasi Sikat Agung juga dilakukan dalam rangka cipta kondisi menuju masa tenang, hari pencoblosan, dan pasca pencoblosan Pemilu 2019.

"Diharapkan dari Operasi Sikat Agung ini Pemilu berjalan aman, lancar, damai. Selama operasi, curat kami ungkap sebanyak 53 kasus dengan tersangka 56 orang, kemudian pencurian kekerasan kami mengungkap sebanyak 3 kasus dengan 5 tersangka. Sementara itu, pencurian kendaraan bermotor sebanyak 14 kasus dengan jumlah 13 tersangka," kata Ditreskrimum Polda Bali Kombes Pol Andi Fairan di sela-sela rilis, Jumat (12/4/2019) pagi tadi.

Dalam operasi ini, sebut dia, Ditreskrimum Polda Bali juga berhasil mengungkap kejahatan trans organize crime yang merupakan pencurian dengan pemberatan.

"Selasa (9/4/2019) lalu, sekitar pukul 08.00 Wita, tim Resmob berhasil menangkap 4 orang WNA Bulgaria di depan salah satu mesin ATM Jalan Raya Pecatu. Masing-masing adalah Kaloyan Kirilov Spasov, Nikolay, Valentino Dinev, dan Lyubomir Todorov Bogdanov. Semua kami amankan saat tersangka mengambil hasil pencurian data yang akan divalidasi ke kartu putih dan sebagiannya lagi tengah menguras dana dari nasabah dari dalam ATM tersebut," sebut Fairan kepada wartawan.

Baca: Lezatnya Yum Mee Salad dengan Rasa Autentik Khas Thailand

Baca: Ditemukan Manusia Jenis Baru, Bentuknya Menyerupai Kera dan Tulang Jari serta Jari Kaki Melengkung

Dia menjelaskan, pada saat penangkapan barang bukti yang berhasil diamankan adalah uang hasil kurasan sebanyak Rp 2 juta.

Pelaku awalnya beraksi dengan mengambil data nasabah, kemudian memasang kamera tersembunyi di ATM untuk melihat pin korban.

Kemudian para pelaku memvalidasi dan mentransfer ke kartu putih untuk mendapatkan nomor pin.

Halaman
12
Penulis: Busrah Ardans
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved